Becak
Arti Becak
Becak menurut arti kata berasal dari bahasa Hokkien: be chia yang artinya "kereta kuda" adalah suatu mode transportasi yang mempunyai roda tiga, umumnya dijumpai di Indonesia dan juga di sebagian negara-negara di Asia. Daya muat normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi.
Asal-usul Becak
Becak ternyata berasal dari Jepang? Kemunculan kendaraan beroda tiga yang ditarik dengan tenaga manusia itu pertama kalinya hanya kebetulan. Tahun 1869, seorang pria Amerika yang menjabat pembantu di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jepang berjalan-jalan menikmati pemandangan Kota Yokohama. Suatu saat dia berpikir bagaimana cara istrinya yang kakinya cacat bisa ikut berjalan-jalan? Tentu diperlukan sebuah kendaraan. Kendaraan itu, pikirnya, tidak usah ditarik kuda karena hanya untuk satu penumpang saja. Kemudian ia mulai menggambar kereta kecil tanpa atap di atas secarik kertas. Orang-orang Jepang yang melihat kendaraan pribadi ditarik manusia itu menamakannya jinrikisha. Penarik jinrikisha biasanya diberi upah tiap minggu. Lama-lama, jinrikisha menarik perhatian masyarakat Jepang, khususnya para bangsawan.
Arti Becak
Becak menurut arti kata berasal dari bahasa Hokkien: be chia yang artinya "kereta kuda" adalah suatu mode transportasi yang mempunyai roda tiga, umumnya dijumpai di Indonesia dan juga di sebagian negara-negara di Asia. Daya muat normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi.
Asal-usul Becak
Becak ternyata berasal dari Jepang? Kemunculan kendaraan beroda tiga yang ditarik dengan tenaga manusia itu pertama kalinya hanya kebetulan. Tahun 1869, seorang pria Amerika yang menjabat pembantu di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jepang berjalan-jalan menikmati pemandangan Kota Yokohama. Suatu saat dia berpikir bagaimana cara istrinya yang kakinya cacat bisa ikut berjalan-jalan? Tentu diperlukan sebuah kendaraan. Kendaraan itu, pikirnya, tidak usah ditarik kuda karena hanya untuk satu penumpang saja. Kemudian ia mulai menggambar kereta kecil tanpa atap di atas secarik kertas. Orang-orang Jepang yang melihat kendaraan pribadi ditarik manusia itu menamakannya jinrikisha. Penarik jinrikisha biasanya diberi upah tiap minggu. Lama-lama, jinrikisha menarik perhatian masyarakat Jepang, khususnya para bangsawan.
Pada tahun 1800-an jinrikisha akhirnya
sampai ke telinga masyarakat di China. Hingga dalam waktu singkat, jinrikisha
dikenal sebagai kendaraan pribadi kaum bangsawan dan kendaraan umum. Kendaraan
ini diberi nama rickshaw. Sementara penghelanya disebut hiki. Tapi, lama-lama
para pemerhati kemanusiaan di China iba melihat para hiki yang kerja bagaikan
kuda itu. Mulai 1870 rickshaw dilarang beroperasi di seluruh jalan-jalan negeri
China. Sedangkan inrikisha di Jepang sebelumnya sudah lama dilarang. Diilhami
jinrikisha dan rickshaw, tiba-tiba saja sekitar tahun 1941 untuk pertama
kalinya di kota-kota besar di Indonesia muncul becak. Berbeda dengan jinrikisha
dan rickshaw yang beroda dua dengan ban mati, becak sudah lebih modern. Rodanya
tiga dan menggunakan ban angin, mengemudikannya dikayuh dengan dua kaki.
3 Perkembangan Becak di
Indonesia
Pada tahun 1930-an
becak berkembang di India dan Pakistan. Dan awal tahun 1940-an becak mulai
dikenal di Singapura, Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Tetapi
menurut Jawa Shimbun terbitan 20 Januari 1943 menyebut bahwa becak
diperkenalkan dari Makassar ke Batavia Akhir 1930-an. Dilihat dari catatan
perjalanan seorang wartawan Jepang ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk
Makassar. Dalam catatan berjudul “Pen to Kamera” terbitan 1937 itu
disebutkan, becak ditemukan orang Jepang yang tinggal di Makassar,
bernama Seiko-san yang memiliki toko sepeda. Karena
penjualan seret, pemiliknya memutar otak agar tumpukan sepeda yang tak terjual
bisa dikurangi. Dia membuat kendaraan roda tiga, dan terciptalah Becak.
Sebenarnya nama Becak sendiri berasal dari bahasa
Hokkien yaitu: Be Chia "kereta kuda".
Gambar Becak
Pertama Kali
Ciri-ciri Becak
Becak memang alat transportasi jaman
dahulu, tetapi becak memiliki ciri-ciri
yang berbeda dari alat transportasi lain
nya. Ciri-ciri becak di Indonesia antara lain :
a. Becak jaman dahulu (
tradisional )
· Memiliki roda 2
· Pengemudi di depan
· Cara bekerja nya
dengan di tarik manusia
Bentuk becak yang
memiliki 2 roda
b. Becak jaman sekarang (
modern )
· Memiliki roda 3
· Pengemudi di belakang
· Cara kerja nya dengan
di kayuh
Bentuk becak yang memiliki 3 roda
Kelebihan dan
Kekurangan Becak
Becak sendiri juga memiliki kelebihan
dan juga kekurangan, antara lain :
a. Kelebihan :
· Tidak
menyebabkan polusi ( ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi karbon
monoksida yang berdampak negatif bagi lingkungan sekitar
· Nyaman
· Murah
· tanpa
suara
b. Kekurangan
:
· Memakan
waktu lama sampai tujuan
· Bila
tidak ada atapnya akan panas dan jika hujan akan kehujanan
· jarak
pandang yang kurang leluasa bagi pengemudi dapat membahayakan penumpang jika
pengemudi tersebut sedikit lengah.
· Minim
akan indikator keselamatan seperti tidak adanya lampu sein layaknya motor
ataupun mobil.
· Selain
itu becak dapat menimbulkan kemacetan karena rata-rata kecepatan becak adalah
10-15 km/jam dan hal ini dinilai sangat lambat dibandingkan alat transportasi
bermesin yang dapat menempuh jarak puluhan bahkan ratusan kilometer disetiap
jamnya.
Bentuk-bentuk
Becak di Berbagai Negara
1 Becak
di Indonesia
2 Becak
di Cina
3 Becak
di Jepang
4 Becak
di Inggris
5 Becak
di Amerika
6 Becak
di Jerman
Oleh : Taryono Pelabuhan Canggu
0 komentar:
Post a Comment