14 September 2018

Gambar Aneka Bunga dan Keterangannya

 Gambar Aneka Bunga
http://senibudaya12.blogspot.com
Bunga identik seorang wanita.
Warna indah, harom mewangi, lembut dan disukai oleh semua yang melihatnya laki ataupun perempuan. Bahkan hewan hewan tertentu juga menykainya. seprti bangsa serangga : lebah, semut. bahkan bangsa burung juaga ada. yaitu burung kolibri. Semua itu hanya untuk berteman  dalam mencari makan atau juga karena ada hubungan yang tidak bisa dipashkan dalam artian simbiosa. Untuk itu saya tertarik untuk memposting macam-macan jenis bunga dan sedikit keterang yang bisa saya sampaikan.
Berikut macam-macam, nama, dan penjelasan lengkap mengenai bunga:
1. Bunga Magnolia
http://senibudaya12.blogspot.com
Bunga ini di kenal dengan nama bunga Taluma. Menurut kabar yang beredar, bunga ini telah ditemukan oleh seseorang yang bernama Piere Magnol di pulau Martinique.

Oleh karena itu, bunga ini biasa tersebar di daerah Asia Timur dan Asia Tenggara. Dengan ini bisa dikatakan bahwa persebarannya tidak kontiniu.Namun untuk pusatpersebarannya terletak pada benua Amerika.

2. Bunga Zinnia
http://senibudaya12.blogspot.com
Bunga zinnia (bunga kertas cantik). Biasanya bunga ini hanya akan tumbuh dalam waktu-waktu tertentu karena bunga ini adalah bunga musiman. Di seluruh Dunia ada sekitar 20 jenis bunga ini.
Bunga ini memiliki makna , maksud atau arti secara luasnya yaitu persahabatan dan perhatian. Biasanya tumbuhan bunga ini akan tumbuh di daerah-daerah yang tinggi dengan pertumbuhan mencapai 30 inci dan ukuran kepala sebesar 2 inci.

Untuk penyebarannya, bunga ini biasa di temukan di kawasan Amerika Selatan, Amerika tengah dan Daerah Meksiko.

3. Bunga Yarrow
http://senibudaya12.blogspot.com
Bunga Yarrow (Achillea millefolium), yaitu bunga yang memiliki bentuk seperti daun yang kecil-kecil. Dengan bentuk seperti ini, bunga Yarrow terlihat sangat lucu dan halus.
Selain itu, di Indonesia bunga ini juga di kenal dengan sebutan bubga Lantara. Biasanya, bunga ini akan tumbuh di daerah yang berada pada dekat hutan dan memiliki kekuatan yang bagus dari sengatan panas.
Bunga ini digunakan sebagai obat herbal yang modern. Bunga yarrow ini adalah bunga yang berasal dari spesies Astaraceae dengan penyebaran yang lumayan luas yaitu di daerah eropa.
4. Bunga Wisteria
http://senibudaya12.blogspot.com
Bunga  termasuk ke dalam keluarga kacang polong (Fabaceae). Biasanya, tanaman ini tumbuh secara merambat dan melilit pada tiang-tiang.
Jepang, Korea, China, dan Amerika Serikat bagian timur adalah daerah yang menjadi penyebaran utama dan ditemukannya tanaman ini.
Tanaman jenis ini memiliki racun di dalamnya karena terdapat saponin yang mana saponin ini biasa disebut wisterin.
5. Bunga Widuri
http://senibudaya12.blogspot.com
Bunga Widuri (Calotropis gigantea), atau bunga Biduri. Besar bunga ini bisa mencapai 4 m karena bunga ini berupa tanaman perdu besar. Biasanya bunga ini memiliki warna ungu atau putih dengan memiliki bagian berlapis lilin.
Batang bunga ini biasanya akan mengeluarkan getah kental atau lateks yang berwarna putih.
Untuk penyebarannya, bunga ini biasa ditemukan di daerah yang berada di Asia khususnya Asia Tenggara. Misal Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, China dan juga 
India.



6. Bunga Violet (Viola odorata)
http://senibudaya12.blogspot.com
Bunga ini memiliki nama lain yaitu Viola sesuai namanya,  bunga ini berwarna Violet. Bunga ini memiliki bau yang begitu harum. Selain itu, bunga ini juga populer di kalangan medis, khususnya medis herbal.
Bunga ini di percaya bisa mengobati penyakit yang berhubungan dengan pernapasan. Contohnya seperti batuk, ashma, sakit tenggorokan, bronkhitis, dan juga hidung tersumbat 
Bunga ini termasuk tanaman yang tahan atas serangan penyakit. Untuk penyebaran, bunga ini sering di temui di wilayah Asia, Eropa, dan juga telah menyebar ke daratan Amerika utara dan Australia.
7. Bunga Vinca
http://senibudaya12.blogspot.com
 Bunga Vinca, dikenal dengan sebutan bunga Tapak Dara. Bisa digunakan untuk obat herbal dari penyakit hodking atau kanker getah bening dan juga penyakit leukimia.
Tanaman perdu yang berasal dari Madagaskar Amerika Serikat. Namun seiring berjalannya waktu, tanaman ini semakin menyebar ke penjuru Dunia khususnya daerah-daerah tropika.


8. Bunga Tulip
http://senibudaya12.blogspot.com
Bunga tulip,  yang termasuk ke dalam spesies genus tulipa, yang mana spesies tulip ini termasuk ke dalam keluarga Liliaceae.
Kata tulip ini berasal dari bahasa persia yaitu Tulipa yang berarti sorban.  Namun untuk jenis bunga  ini yang lebih populer dan memiliki warna lebih baik lebih terkenal yaitu bunga Tulip Belanda.
Persebarannya yaitu Asia Tengah. Bunga ini bisa tumbuh mencapai tinggi 10.70 cm dan untuk bagian bunga memiliki sekitar 6 helai mahkota bunga.
9. Bunga Teratai
http://senibudaya12.blogspot.com
Bunga teratai,tumbuh dan berkembang di air. Bunga ini berasal dari suku Nymphaeaceae.
Ddaun lebardan  mengapung di permukaan air dengan bunga di bagian tengahnya. Tangkai daun panjang samapai dasar rawa-rawa.
Keunikan bunga ini bisa kita lihat di bagian tempat pertumbuhannya yang relatif kotor dan ber lumpur tapi memiliki bunga yang indah dengan warna yang menarik.
10. Bunga Snapdragon
http://senibudaya12.blogspot.com
Snapdragon memiliki nama latin Antirrhinum Majus dan salah satu jenis tanaman kebun. Warna yang indah dan bentuk yang menarik 
Bunga Snapdragon ini merupakan salah satu bunga yang unik. Memiliki bentuk yang menyerupai kepala naga. di Indonesia bunga ini sering di sebut sebagai bunga mulut naga.



11. Bunga Seruni
http://senibudaya12.blogspot.com
 Bunga Serunisering dikenal dengan sebutan bunga Krisan (Chrysanthemum sp).
Bunga ini memiliki aroma yang begitu wangi dengan bentuk dan warna yang menarik. Bunga ini adalah bunga yang berstatus sama dengan bunga Sakura, yaitu sebagai bunga Nasional Jepang.
Di jepang, bunga ini biasanya di sebut dengan bunga kiku dengan alasan bunga yang begitu wangi.
12. Bunga Semanggi
http://senibudaya12.blogspot.com
Bunga semanggi, salah satu jenis bunga yang termasuk ke dalam spesies genus Marsilea L dan salah satu tanaman paku air. Bunga ini memiliki ciri yang begitu khas, yaitu entalnya memiliki bentuk seperti payung.
Ental ini tersusun dari beberapa bagian anak daun yang terdiri dari empat bagian. Tumbuhan yang memiliki daun hampir serupa dengan bunga ini biasanya di sebut bunga semanggi, karena nama ini juga disematkan untuk daun bunga ini.
13. Bunga Sedap Malam
http://senibudaya12.blogspot.com
Bunga Sedap malam yang berarti buga sedap abadi. Pada bagian akarnya bunga ini memiliki umbi atau tuber, oleh karena itu bunga ini ada istilah Tuberosa.
Dinamakan bunga sedap malam karena bunga ini biasa mekar hanya di malam hari saja. Terdapat sekitar 12 spesies yang berasal dari genius Polianthes.
Persebaran bunga ini berasal dari daerah Meksiko Amerika Serikat, namun kini telah menyebar ke panjuru Dunia.
14. Bunga Saffron
http://senibudaya12.blogspot.com
 Bunga ini juga tergolong unik. Selain warna dan bentuk bunganya yang menarik bunga safron juga merupakan bunga yang biasa digunakan sebagai rempah-rempah. Kemudian, bunga ini juga biasa di sebut dengan nama bunga kuma-kuma.
Bunga ini berasal dari keluarga Crocus sativus (bunga pacar) dengan marga Crocus famili Iridaceae. Umumnya, bunga ini memiliki kepala putik yang letaknya berada distal tepat pada daun buah.
15. Bunga Peony
http://senibudaya12.blogspot.com
 Bunga ini termasuk kedalam keluarga Paeoniaceae yang bergenus tunggal. Dalam pertumbuhannya, tanaman bunga peony ini bisa tumbuh dari mulai ukuran 0.5 meter hingga 1.5 meter.
Biasanya, bunga ini akan tumbuh di akhir musim semi hingga memasuki awal musim panas, memiliki bau yang wangi.Untuk penyebarannya, bunga ini biasa ditemukan di daerah Amerika Utara bagian barat, Tiongkok, Indiana, dan Eropa Selatan.
16. Bunga Jepun
http://senibudaya12.blogspot.com
 Bunga yang termasuk pada keluarga Apocynaceae. Untuk membedakannya, bunga ini sangat gampang sekali karena memiliki ciri yang sangat khas yaitu perdu tegak yang memiliki tinggi sekitar 2 hingga 5 meter.
Bunga ini digunakan oleh kebanyakan orang sebagai tanaman hias pinggir jalan.
Penyebarannya daerah Asia Tenggara, Mediterania, dan juga Afrika Utara yang merupakan titik persebaran bunga ini.
17. Bunga Melati
http://senibudaya12.blogspot.com
Bunga ini termasuk kedalam keluarga atau genius dari semak dan juga tanaman merambat yang berada dalam famili zaitun (Oleaceae).
 Terhitung sekitar 200 spesies lebih dari bunga melati ini yang tersebar di daerah-daerah yang beriklim tropis dan juga dari Eurasia Australasia hingga daratan Oseania.


18. Bunga Mawar
http://senibudaya12.blogspot.com
 Bunga mawar memiliki peminat atau pecinta yang sangat banyak. Bunga mawar memiliki keluarga atau genus Rosa L dan juga sebagai tanaman semak.
Terhitung, sekitar 100 lebih spesies dari bunga mawar ini tersebar di penjuru Dunia. Biasanya, spesies dari bunga mawar ini adalah tanaman yang berduri dan juga memanjat. Ukuran umum dari bunga mawar ini adalah 2-5 meter.
Ciri umum dari bunga mawar ini adalah warnanya yang didominasi oleh warna pink, putih, kuning, dan merah ada juga warna biru untuk beberapa spesies. Lebih spesifiknya, bunga ini memiliki 5 buah daun mahkota bunga yang menjadi hiasan indahnya kecuali untuk genus Rosa karena genus ini hanya memiliki 4 daun mahkota bunga.
19. Bunga Matahari
http://senibudaya12.blogspot.com
 Bunga ini adalah termasuk kedalam suku Asteraceae yang sangat populer karena salah satu penghasil kuaci dan minyak, biasanya bunga ini akan tumbuh semusim.
Konon, tanaman bunga matahari ini sudah ditanam semenjak ribuan tahun silam oleh orang-orang Indian Amerika Utara. Namun, saat ini penyebaran bunga matahari di daerah amerika semakin luas sehingga sampai ke daratan Amerika selatan, Ukraikan, dan juga Eropa.
Biasanya, tanah yang subur dan hangat adalah tempat paforit dari tanaman bunga matahari ini. Oleh karena itu, tanaman bunga matahari ini dapat tumbuh di daerah yang memiliki iklim subtropik.


20. Bunga Lonceng
http://senibudaya12.blogspot.com
Bunga lonceng atau yang memiliki nama ilmiah Platycodon grandiflorus merupakan tanaman yang berasal dari keluarga Campanulaceae yang biasa berbunga tahunan.
Tampilan bunga ini memiliki warna yang biru dan juga memiliki bentuk yang besar. Namun ada juga bunga lonceng yang memiliki variasi warna merah muda, dan putih yang mana hasil ini di dapat dari bunga hasil budidaya.
Untuk penyebarannya, bunga ini biasa ditemukan di daerah Asia Timur Jepang, Siberia Timur, Korea, hingga memasuki daratan Tiongkok.




21. Bunga Lantana
http://senibudaya12.blogspot.com
Bunga lantana atau juga sering disebut sebagai bunga saliara (Lantana Cemara)adalah jenis bunga yang berasal dari keluarga Verbenaceae. Biasanya, tanaman ini memiliki banyak sekalicabang sehingga bunga ini tampak rindang. Namun meski seperti itu bunga ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 4 meteran.
Untuk persebarannya, bunga ini biasa ditemukan di daratan yang memiliki iklim tropis seperti Amerika tengah dan juga Amerika Selatan.






22. Bunga Lavender
http://senibudaya12.blogspot.com
Bunga lavender merupakan bunga yang berjenis rumput-rumptan semak pendek dan juga kecil. Bunga ini berasal dari keluarga Lamiaceae dengan spesies yang tersusun sekitar 25-30 jenis. Biasanya lavender digunakan sebagai tanaman hias, ekstrak minyak esensial, dan juga sebagai bahan makanan.
Persebaran dari bunga ini adalah di daerah yang memiliki iklim sedang. Asal bunga ini dari daerah India, Afrika tropis sampai Timur, dan wilayah SelatanLaut Tengah.






23. Bunga Sepatu
http://senibudaya12.blogspot.com
Bunga sepatu atau juga disebut bunga raya memiliki nama latin Hibiscus rosa-sinensis L. Bunga ini termasuk kedalam keluarga Malvaceae yang termasuk kedalam jenis tanaman semak. Bunga ini memiliki warna dominan oranye, kuning, putih, pink, dan merah tua.
Umumnya bunga ini berasal dari berbagai kultivar dan hibrida yang memiliki daun mahkota selapis (tunggal) atau juga daun mahkota berlapis (ganda).
Biasanya, tanaman ini degunakan sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Misal daerah pertumbuhan biasa bunga ini adalah Asia Timur.




24. Bunga Kertas
http://senibudaya12.blogspot.com
BKembang kertas (Zinnian elegans Jacq.) merupakan tumbuhan asal Meksiko, dapat ditemukan sampai ketinggian 1400 m di atas permukaan laut. Tumbuhan ini menyukai tempat-tempat terbuka yang terkena matahari, biasa ditanam secara bergerombol di tamantaman atau pekarangan sebagai tanaman hias atau bunganya dipakai sebagai bunga potong. Terna menahun,tumbuh tegak dab berambut kasar, tinggi sekitar 30-50 cm. Daun tunggal, letaknya berhadapan, bentuknya memanjang, ujung runcing, pangkal memeluk batang, tepi rata, tulang daun melengkung, warnanya hijau. Bentuk bunganya seperti bunga aster dengan warna yang beraneka ragam seperti merah tua, merah muda, kuning atau biru keunguan,  yang keluar dari ujung batang. Pengembangbiakkan dengan biji.
Familia : Asteraceae (Compositae).


25. Bunga Gladiol
http://senibudaya12.blogspot.com

 Bunga Gladiol atau dengan nama latin Gladiol Communis dan berasal dari keluarga Iridaceae adalah tanaman bunga semusim yang umum dibudidayakan kebanyakan orang. Biasanya, bunga ini digunakan sebagai bunga hiasan ruangan dengan metode rangkaian bunga.
Bunga ini bisa dibilang unik karena selain dari bunganya yang memiliki warna menarik, kesegaran bunga ini juga bisa bertahan lama yaitu sekitar 10 hari.





Oleh : Taryono Pelabuhan Canggu
Reaksi: