08 September 2017

Kliping-Artikel Pelestarian Laut dan pantai

Pelestarian Laut
Pelestarian bisa diartikan sebagai upaya kita untuk menjaga dan memelihara sesuatu yang nantinya tetap utuh atau eksis keberadaannya. Jika arti kata pelestarian kita hubungkan dengan laut, maka memiliki arti upaya manusia dalam memelihara dan menjaga lingkungan laut. Baik laut lepas maupun pantainya. Mengapa kita perlu melakukan upaya pelestarian laut? Indonesia merupakan negara yang dikenal dengan julukan negara kepulauan.
Kekayaan alam hayati yang ada di dalam laut baik berupa hewan dan tumbuhan serta lingkungan yang berupa terumbu karang sharusnyalah kita jaga keutuhan dan kelestariannya. Selain untuk kelestarian alam dan lingkungan itu sendiri juga kelak dapat diwariskan kepada anak cucu kita.

Berikut ini beberapa bentuk upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk pelestarian laut:

1. Limbah Industri Dilarang Dibuang Di Laut
Industri merupakan penghasil limbah berbahaya nomor satu bagi lingkungan laut. Pada limbah industri biasanya terkandung berbagai macam zat-zat kimia yang berbahaya dan jika dibuang ke laut maka bisa mengancam kehidupan biota yang ada di laut. Sehingga larangan pembuangan limbah industri ke laut merupakan salah satu upaya pelestarian yang dilakukan pemerintah Indonesia.





2. Mencegah Polusi Air Laut
Polusi air laut bisa berupa hasil dari  sampah-sampah pembuangan oleh manusia dengan cara dibuang kesuangai. Sedikit demi sedikit menumpuk dan mengalir ke muara laut. Juga yang paling bahaya adalah tumpahan minyak dari kapal tanker maupun kapal lain yang sengaja membuang sisa bahan bakar ke laut. Akibat dari kejadian ini, maka banyak biota laut yang akan mati, bahkan tumpahan minyak tersebut juga bisa meracuni burung-burung laut dan biasanya tumpahan minyak bisa menjebak burung sehingga tidak mampu terbang. Tidak hanya itu, ikan pun akan mati akibat kekurangan oksigen terlarut dalam air karena adanya lapisan minyak di permukaan air. Mencegah terjadinya tumpahan minyak merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan sebagai bentuk menjaga lingkungan laut.

3. Larangan Penangkapan Ikan Menggunakan Bahan Peledak
Bahan peledak sangat berbahaya bagi lingkungan biota laut jika digunakan untuk penangkapan ikan. Selain itu penggunaan bahan peledak ini dapat membunuh seluruh ikan di area tangkapan baik yang berukuran kecil maupun besar, serta dapat merusak terumbu karang yang menjadi tempat hidup biota laut. Perlu diingat bahwa terumbu karang membutuhkan waktu puluhan tahun untuk tumbuh beberapa centi saja. Jika penangkapan ikan menggunakan bahan peledak diteruskan, maka lingkungan laut tersebut akan rusak dan tak akan ada lagi ikan yang bisa hidup di tempat tersebut. Sehingga pelarangan penggunaan bahan peledak dinilai sangat penting sebagai bentuk upaya pelestarian dari laut Indonesia.
Upaya Pelestarian Laut Di Indonesia

4. Mengadakan Reboisasi Pantai
Erosi dan Abrasi laut sering terjadi pada daerah pantai yang gundul. Abrasi sendiri diartikan sebagai pengikisan atau penggerusan daratan yang diakibatkan oleh berbagai macam hal diantaranya gelombang. Salah satu cara mencegah abrasi ini yaitu dengan menanam pohon bakau atau reboisasi, sehingga gelombang yang datang kecepatan dan tenaganya bisa di redam oleh tanaman bakau ini. Tanaman bakau (mangrove) juga merupakan tempat bagi berbagai macam biota yang hidup di laut, sehingga keberadaanya sangat penting bagi pelestarian lingkungan wilayah di pantai dan laut. 

Itulah tadi beberpa upaya pelestarian laut di Indonesia yang di usahakan pemerintah kita. Sebagai siswa tentu kita juga bisa ikut menjaga lingkungan pantai agar tetap lestari sehingga laut tidak akan rusak.

Oleh Taryono Pelabuhan Canggu
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment