Home » » Tugas Kliping Angin Muson Barat dan Muson Timur

Tugas Kliping Angin Muson Barat dan Muson Timur

Muson Barat dan Timur
http://senibudaya12.blogspot
Sebenarnya apa angin itu ya?
Angin itu udara yang bergerak dari perbedaan tekanan udara. Artinya udara itu berbergerak dari tekanan tinggi menuju tekanan yang lebih rendah. Atau udara itu mengalir dari hawa yang sejuk atau dingin menuju ke hawa yang lebih panas. Nah sekarang mulai paham kan tentang angin ? 
Mari kita lanjutkan dan kita bahas rentang angin muson barat dan muson timur sebagai bahan tugan kliping kita.Sebelum kita membahasnya bahwa Muson berasal dari bahasa arab  Musem yang artinya musim. Berarti disini angin muson itu terjadi kerena pergeseran letak matahari akibat dari rotasi dan revolusi bumi terhadap matahari . Sehingga dapat mempengaruhi suhu di bumi dalam waktu dan bulan-bulan tertentu. Ini menurut admin yang disebut muson
Besar kecilnya hembusan angin tergantung seberapa besar perbedaan suhu yang terjadi ditempat itu. Perbedaan udara dalam skala besar yang sudah melibatkan antar benua dan samudra, yang juga disebabkan oleh perbedaan posisi bumi terhadap matahari. 

Angin Muson Barat dan Timur
Yang disebut Angin muson adalah gerakan massa udara yang terjadi karena karena adanya perbedaan tekanan udara yang begitu besar yaitu antara daratan dan lautan, atau bisa dibilang antara benua dan samudra.

Kita tahu bahwa Indonesia berada didaerah ekuator, yang diapit oleh benua Asia dan benua Australia, juga diapit oleh 2 samudra besar yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Perbedaan tekanan udara juga dipengaruhi oleh posisi Bumi terhadap matahari, Rotasi bumi dan pergerakan bumi mengelilingi matahari menyebabkan terjadinya perubahan posisi bumi terhadap matahari.
lalu apa hubungannya dengan Angin muson barat dan Timur? tentu saja ada. Perbedaan tekanan udara pada bulan-bulan tertentu membagi angin muson menjadi 2 yaitu angin Muson Barat dan Angin Muson Timur.

Angin Muson Barat 
http://senibudaya12.blogspot
Bertiup pada bulan Oktober sampai April ,yaitu pada saat posisi semu matahari di berada belahan bumi selatan. Posisi inilah yang menyebabkan tekanan udara yang tinggi di Asia dan tekanan udara yang rendah di wilayah Australia membuat angin bertiup dari benua Asia ke benua Australia. Pada perjalan dari Asia ke Australia Angin melewati samudra Hindia sehingga angin tersebut mengandung banyak uap air yang menyebabkan pada bulan Oktober sampai bulan Maret di Indonesia terjadi musim hujan.



Angin Muson Timur 
http://senibudaya12.blogspot
Bertiup pada bulan April sampai Oktober,ketika letak semu matahari di sebelah belahan bumi utara, sehingga menyebabkan tekanan udara wilayah benua Asia menjadi rendah dan tekanan udara wilayah benua Australia menjadi tinggi, hal tersebut menyebabkan angin bertiup dari benua Australia ke Benua Asia. Karena angin tersebut harus melewati daerah gurun yang luas di Benua Australia sehingga Udara sidikit mengandung uap air dan bersifat kering. Hal tersebutlah yang menyebabkan di Indonesia pada bulan-bulan tersebut menjadi musim kemarau.

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Oleh : Taryono Pelabuhan Canggu

0 komentar:

Post a Comment