Home » » Gambar Burung yang Langka dan Keterangan Singkat

Gambar Burung yang Langka dan Keterangan Singkat

GAMBAR BURUNG
Burung adalah hewan mempunyai nilai tersendiri bagi penggemarnya. Orang memelihara burung tentunya diambil manfaatnya. Misalnya : keindahan bulunya, kicauannya, telornya atau mungkin adayang masih percaya terhapadap mystik bahwa memelihara burung tertentu bisa membawa berkah. Nah untuh menambah pegetahuan kita tentang macm-macam burung saya coba untuk mengunggah beberapa buruh yang dapat saya browsing di google. Dengan harapan menambah wawasan untuk diri saya sendiri dan mungkin juga bagi pembaca yang berkenan dengan unggahan saya ini.

 Dalam sejarah, Indonesia tercatat sebagai negara yang kaya akan hasil alamnya termasuk flora dan fauna, dengan kekayaan yang melimpah kita sebagai warga negara harus pintar-pintar dalam memanfaatkannya sehingga seluruh masyarakat akan hidup makmur sentosa.

Nah ketimbang pusing mikirin begituan mendingan mikirin yang bikin otak seger, hidup ayem tentrem dan tentunya makin nambah pengetahuan. Langsung saja kita siamak gambar-gambar di bawah ini.

1. Burung Kenari
Kenari gacor
Burung kenari dengan nama latin Serinus Canaria burung ini bukan asli dari indonesia, pertama kali ditemukan oleh seorang pelaut perancis karena ketertarikan dengan merdu suaranya dan bulunya yang warna-warni maka kenari ini dibudidayakan.

Kenari yang ada di Indonesia merupakan hasil perkawinan dari kenari-kenari liar dan menghasilkan jenis scoth fancy, norwich, bolder fancy dll. Kenari ini sangat banyak peminatnya mulai dari kalangan remaja hingga orangtua memilih kenari mungkin karena perawatannya yang gak terlalu ribet alias gampang.

2. Burung Gelatik
Burung Gelatik
Burung gelatik yang satu ini adalah khas Indonesia lebih tepatnya berasal dari Pulau Jawa, bentuknya yang kecil lincah dan corak warnanya yang mengkilau membuat orang berambisi untuk memilikinya, dengan cara apapun sehingga sekarang ini habitatnya sudah mulai punah.

Dulu ketika saya masih kecil burung ini banyak berterbangan berlompatan di ranting-ranting pohon yang ada di depan rumah namun sekarang ini sudah tidak pernah terlihat lagi penampakannya, burung ini pemakan biji-bijian dan serangga kecil.



3. Burung Pipit
burung pipit atau emprit
Siapa sih yang gak tau burung ini apalagi yang tinggalnya di pedesaan pasti sudah akrab banget, namanya burung pipit emprit sebutan khusus bagi masyarakat Jawa, burung pipit ini hidup dalam kelompok-kelompok biasanya berhenti di satu tempat untuk mencari makan.

Makannya biji-bijian terutama padi, burung ini di cap sebagai wereng bagi petani padi karena ia datang ke sawah-sawah petani saat padi sudah mulai menguning, karena umumnya berkelompok jadi sekali hinggap di satu sawah dalam jangka 1 hari bisa jadi panen berkurang berkilo-kilo apalagi kalau berhari-hari bisa dipastikan gagal panen.

4. Burung Pleci
burung pleci
Burung pleci badan boleh kecil namun suara jangan ditanya, burung ini cukup laku di pasaran ada juga komunitasnya yang bernama pleci mania, untuk mendapatkan pleci yang gacor ada beberapa tahap yang perlu dilakukan yaitu perawatan terutama dengan makanan.

Untuk mendapatkan suara bagus atau biasa disebut sebagai masteran perawatannya cukup jemur setiap harinya nah untuk makan cukup ribet yaitu kacang ijo, gula merah dan telur. Ya begitulah jika kamu ingin mendapatkan seekor pleci yang gacor.

5. Burung Ciblek/Prenjak
burung ciblek
Prenjak atatu ciblek dalam bahasa latin disebut Prinia familiaris burungnya kecil gerakannya sangat lincah burung ini asli indonesia burung ini lebih suka berada di pohon yang pendek-pendek seperti alang-alang semak belukar pagar pekarangan dan tempat pendek lainnya.

Masa kecil saya paling suka memburu burung ini karena terdapat banyak di sekitar rumah bahkan saya sering menemukan sarangnya di pekarangan. Namun saat ini spesiesnya sudah jarang saya temui kadang ada itu juga gak berani kebawah melainkan di atas pohon bambu biasanya.

6. Burung Gemak
burung gemak tegalan
Burung gemak mempunyai habitat seperti semak belukar, padang rumput dan banyak juga terdapat di lahan-lahan pertanian seperti pada tanaman tembakau, tebu dan sejenisnya. Burung gemak ini masih satu saudara dengan burung puyuh warna dan bentuknya pun juga mirip.

Gemak ini mempunyai beberapa jenis salah satunya seperti gambar di atas, diperkirakan burung puyuh yang dibudidayakan oleh sebagian masyarakat itu adalah burung gemak yang telah dijinakkan dari kecil hingga besar hanya di kandang sehingga menjadikan tubuhnya lebih pendek dari pada yang hidup di alam liar.

7. Burung Kolibri
burung colibri
Burung kolibri atau biasanya disebut dengan burung madu dijuluki burung madu karena memang makanannya madu yang terdapat di sari-sari bunga, sebagian besar hidup di Amerika selatan dan Amerika utara, warnanya pun indah burung kolibri mempunyai 1000 bulu yang berwarna-warni karena itulah saat kondisi terbang terlihat sangat indah.

Kolibri ini juga terkenal dengan kecepatan terbangnya yang mana dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa dalam waktu 1 detik burung ini bisa mengepakkan sayapnya 12-80 kali, ada juga peneliti yang mengambil gambar dengan kamera yang canggih dengan sekali jepretan ia mendapatkan 500 gerakan yang berbeda dari burung tersebut.

8. Burung Tledekan
burung tledekan
Burung tledekan penyebarannya cukup banyak di berbagai negara habitat burung ini adalah di tempat-tempat yang cenderung lembab, hutan lebat dan hijau, sering berada di pinggiran aliran sungai dan berkembang biak di ketinggian 850-1.252 m.

Makanan adalah serangga seperti capung, belalang, kupu-kupu, ulat dan juga buah-buahan kecil, burung ini bukan termasuk burung yang suka migrasi melainkan hanya berpindah habitan saat musim-musim tertentu. Burung ini juga sangat lincah akan tetapi ia lebih sering berdiam di pohon dengan waktu yang cukup lama.

9. Burung Decu
burung decu
Burung decu ini senang hidup di daerah yang agak kering, bertengger di berbagai macam tempat keunikan dari burung ini adalah jika berkicau ekornya akan naik ke atas makanannya berbagai macam serangga kecil, sarang biasanya terdapat pada gundukan-gundukan tanah berumput.

Bentuk telurnya lonjong dengan warna biru agak keputihan di sertai dengan bintik ungu dan cokelat hampir mirip dengan telur puyuh yang biasa kita jumpai di pasar-pasar, burung tersebut bertelur pada bulan april sampai desember






10. Burung Wiwik
burung wiwik
Burung wiwik ini mempunyai nama yang sangat banyak bagi masyarakat Indonesia, ada yang menyebut dara dasih, kedasi, manuk uncuing, emprit ganthil. Anak-anak betawi menyebutnya sebagai burung orang mati, konon dikisahkan setiap ada burung tersebut maka ada orang yang meninggal.

Jenis burung ini tidak hanya satu melainkan ada beberapa jenis, yang membedakan hanya warna bulu dan bentuk matanya ada yang mempunyai alis dan ada  yang tidak. Burung wiwik ini paling hobi pada tempat-tempat terbuka seperti perkampungan, pekarangan, tegal dan taman-taman.

11. Burung Branjangan
burung branjangan
Burung brajangan ini termasuk salah satu burung kicauan, keunikan dari burung tersebut ialah bisa meniru suara burung lain selain itu mempunyai prilaku yang sangat lincah kelebihannya lagi burung ini bisa memanjat pohon dengan cepat di barengi dengan kicauan-kicauan yang merdu.

Habitat burung ini menyukai tempat yang kering seperti stepa, rumput-rumput pendek, gunung pasir dan kawasan berbatu karang, karena itulah burung ini banyak kita temui khususnya di pulau Jawa ketika masa panen kedelai, kacang dan saat penebangan tebu.

14. Burung Kacer

kacer bird
Burung kacer (Copsychus saularis) merupakan termasuk ke dalam jenis burung pengicau ciri burung ini mempunyai warna hitam putih dan ekornya yang panjang akan berdiri ke atas ketika sedang mencari makan di bawah ataupun ketika bertengger di pohon.

Burung tersebut suka menjelajahi lingkungan, kecepatan terbangnya juga cukup gesit tempat yang paling di sukai yaitu dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Burung ini juga sering terlihat di perumahan penduduk pada zaman dahulu.

15. Burung Cucakrowo
burung cucak
Burung cucakrowo sesuai dengan namanya ia biasa terlihat di rawa-rawa dan tepi-tepi sungai dan bersembunyi di balik dedaunan yang dekat dengan air, cucakrowo memakan berbagai macam jenis siput, buah-buahan kecil seperti buah beringin.

Penyebarannya tersebar di daerah Sumatera, Kalimantan dan juga Jawa. Di Jawa Barat burung ini di temukan hingga ketinggian 800 m.dpl namun saat ini populasinya dianggap sudah punah dengan bukti tidak pernah terlihat lagi di rawa-rawa hal itu di karenakan perburuan liar.

16. Burung Ekek
ekek bird
Burung ekek ini termasuk dalam keluarga gagak daerah penyebarannya meliputi Cina, Malaysia dan Indonesia tepatnya di Sumatera. Makan favoritnya adalah hewan-hewan reptil kecil seperti kadal, kata, jangkrik bahkan ular pun dimakan.

Burung ini sangat indah dengan warna bulu dan bentuk tubuhnya yang unik sangat cocok jika dijadikan hiasan di depan rumah, namun sayangnya populasinya sudah mulai mengurang dan sangat jarang kita temui saya sendiri belum pernah melihat salinya.

17. Burung Cendet/Toed/Pentet
cendet pentet bird
Burung ini mempunyai jenis yang cukup varian salah satunya seperti di gambar namun yang paling bagus yaitu jenis yang warna bulunya abu-abu, di Jawa burung ini terdapat banyak di sawah-sawah biasa memakan belalang, jangkrik dan katak namun tak jarang juga terlihat memakan kadal dan ular kecil.

Suara kicauannya pun cukup bagus dan bisa meniru suara burung lain bahkan juga bisa meniru suara jangkrik, kucing dan ayam itulah keunikan dari burung ini. Sehingga banyak masyarakat yang memeliharanya meskipun demikian burung ini sangat rendah pasaranya entah kenapa saya ga tau.


20. Burung Bayan
burung nuri
Burung bayan Elektus Rotatus membedakan kelaminnya sangatlah mudah pada burung jantan terdapat warna hijau sedangkan warna merah terdapat pada burung betina. Burung ini sangat lah unik dari segi warna, tingkah laku dan bentuknya.

Sehingga banyak orang-orang kaya memeliharanya kenapa orang kaya karena burung ini termasuk burung dengan harga lumayan mahal. Burung ini juga terkenal sebagai burung yang sangat manja pada pemiliknya sehingga sangat mudah dijinakkan dan cocok untuk hiasan di depan pintu rumah.

21. Burung Beo
burung beo
Burung beo siapa sih yang ga tau burung ini salah satu burung yang sangat pintar dan juga bisa berbicara, wilayah penyebarannya meliputi Sri Lanka, Himalaya, Hindia ke timur hingga Filipina, Jawa sampai kepulauan sunda kecil burung ini bisa kita temukan di dataran rendah hingga dataran tinggi 2000 meter.

Karena kemampuannya dalam berbicara burung ini dijadikan sebagai burung populer yang banyak dari sebagian masyarakat memeliharanya, harganya pun cukup mahal dulu tetangga saya beli yang masih anakan sekitar 3jt an itupun jenis yang jelek.

22. Burung Tengkek
burung tengkek
Burung tengkek mungkin sebagian orang baru mengetahuinya burung ini ukurannya cukup besar hampir sama dengan burung jalak corak warnanya pun terlalu mengkilau untuk di pandang, hidupnya berada di pinggir-pinggir sungai karena biasa memakan ikan-ikan kecil.

Burung ini cukup aneh dan sangat berbeda dengan burung jenis lain yaitu terletak pada sarangnya, pada umumnya sarang burung kan di atas pohon atau di goa-goa kalu burung ini dia bersarang di dalam tanah kedalamnnya hingga mencapai 1 meter.

23. Burung Cililin
burung cililin
Burung cililin dengan nama latin Platylophus galericulatus kicauannya sangat khas ngerol dengan tempo yang panjang biasa digunakan sebagai burung masteran Cucak Ijo, Murai dan pentet. Cirinya yang khas yaitu jambul yang menjulang keatas dan lancip.

Burung ini juga dikenal sebagai burung yang rakus karena ia biasa menghabiskan 10 jangkrik saat pagi dan sore tak hannya itu perawatannya juga cukup susah burungnya sangat sensitif gampang stres. Habitatnya di hutan-hutan tropis seperti Sumatra, Sumbawa, Jawa dan Kalimantan.

24. Burung Ibis
burung ibis
Burung ibis ini mirip sekali dengan burung bangau dilihat dari bentuk tubuh dan habitatnya yaitu persawahan atau rawa-rawa yang terdapat ikan mupun kodok kecil, yang membedakan antara keduanya yaitu terletak pada paruh dan lehernya.

Burung ibis mempunyai paruh yang agak bengkok sedangkan pada burung bangau paruhnya berbentuk lebih kecil dan lurus bisa juga dilihat dari lehernya yang mana burung ibis terlihat lebih pendek dibandingkan bangau yang panjang dan terlihat melengkung.

25. Burung Betet
burung betet
Burung betet ini masih sejenis dengan burung love bird dan bayan bentuknya pun sangat mirip dengan paruh yang khas, perbedaannya hanya terdapat pada bentuk tubuhnya. Burung ini umumnya juga hidup saling berpasangan sebagaimana burung cinta diatas.

Burung ibis terkenal juga sebagai burung yang manja oleh karena itu sangat cocok untuk kamu yang ingin memeliharanya apalagi kalo untuk anak-anak cocok banget karena gak gampang setres. Cocok juga untuk hiasan depan rumah sebagai penyambut tamu yang datang.

26. Burung Cendrawasih
burung candrawasih
Burung cendrawasih merupakan burung asli Indonesia timur pasnya di daerah Papua dan terdapat sebagian di Australia timur, terkenal sebagai burung tercantik karena bulunya yang bercorak warna-warni dan terlihat halus terlihat pada jenis jantan.

Burung ini mempunyai beberapa spesies namun yang bagus yaitu yang warnanya merah, burung  ini termasuk burung yang dilindungi oleh Negara kita tercinta ini Indonesia jadi bagi kamu yang ingin memeliharanya tidak mudah untuk mendapatkannya.

27. Burung Jalak
burung jallak
Burung jalak ini termasuk asli Indonesia yang paling terkenal yaitu jalak Bali ukurannya sedang tidak terlalu besar burung ini banyak dipelihara oleh masyarakat, termasuk juga burung yang dilindungi jadi jangan sembarangan ya kamu menangkapnya.

Karena populasinya setiap tahun semakin mengurang akibat ulah tangan-tangan manusia jail yang tidak bertanggung jawab, ini merupakan salah satu tugas bagi pemuda-pemuda Indonesia untuk menjaga ke alamian populasinya,

28. Burung Kakaktua
burung kakaktua
Burung kakaktua burung ini ternyata tidak hanya 1 jenis melainkan ada beberapa jenis, burung ini juga termasuk burung yang cerdas akibat kecerdasannya ia bisa berbicara seperti burung beo posturnya lebih gede jika dalam keadaan terbang sayapnya bisa mencapai setengah meteran.

Habitat si kakaktua yaitu menghuni hutan premier dan sekunder tinggi di tepi hutan, hutan tinggi bersemak. Dan ketinggian 900 m Sulawesi, 1520 m Lombok, 1000 m Sumbawa, 700 m Flores, 950 m Sumba dan yang terakhir 500 m di Timor.

29. Burung Derkuku
burung derkuku
Burung derkuku ini masuk dalam jenis Columbidae yaitu jenis burung merpati-merpatian burung ini banyak tersebar di Asia Tenggara sampai dengan Australia. Tercatat ada 41 macam spesies di Indonesia sendiri terdapat 18 spesies  yang sisannya gak tau kemana karena belum dilakukan penelitian.

Burung derkuku ini kalau di daerah jawa sering kita jumpai di pohon-pohon yang tinggi seperti pohon kelapa dan jati, namun ia lebih sering bertengger di pohon kelapa karena pohon kelapa merupakan tempat bersarang yang paling disukai oleh derkuku.

Burung ini bukan merupakan burung yang suka bergerombolan, sering terlihat paling banyak berdiam di suatu tempat yaiu hanya sekitar 4 ekor. Derkuku ini juga merupakan burung yang setia dengan pasangannya di mana-mana selalu dengan  pasangannya, keunikan burung ini jika di letakkan kaca cermin di depannya maka ia akan mengeluarkan suara sambil bergoyang.

30. Burung  Perkutut
macam macam burung perkutut
Burung perkutut atau biasa disebut sebagai burung keberuntungan hal dibuktikan kebanyakan pemelihara burung ini merupakan orang-orang kaya namun sebenarnya hal itu hanyalah mitos belaka. Kenapa hanya orang kaya yang memilikinya karena pada waktu itu burung ini harganya sangat fantastis yang membuat orang biasa enggan untuk membelinya.

Terdapat 30 macam jenis burung ini yang konon katanya 22 jenisnya akan membawa keberuntungan sedangkan sisanya adalah burung pembawa kesengsaraan. Makanannya yaitu biji-bijian kecil tidak suka dengan serangga-serangga kecil yang bikin aneh dari burng ini adalah harganya yang stabil dari dulu hingga sekarnag.

31. Burung Ruak-ruak Truwok
burung truwok
Burung ruak-ruak dalam bahasa Jawa di sebut truwok burung ini termasuk kedalam jenis hewan dengan darah panas, paruhnya cukup besar namun tidak bergigi. Si truwok ini mempunyai habitat yang berair seperti rawa, semak paya, kolam dan paya bakau hal itu untuk memudahkan dalam mencari makanan.

Dengan mempunyai paruh yang besar dan sedikit panjang burung ini biasa mencari makan di dalam air dan lumpur makananya dalah jenis-jenis serangga, ikan kecil, katak dan biji-bijian, burung ini sangat lincah gerakannya saya sering menjumpai akan tetapi tidak pernah sampai menangkapnya karena gerakan yang terlalu gesit.

32. Burung Gagak
 burung gagak
Burung gagak ini tersebar di seluruh benua terkecuali di Amerika selatan burung ini dinobatkan sebagai burung paling pintar hal itu sudah di ketahui sejak zaman dulu kita ambil contoh kisan kobi dan habil yang mana si kobil membunuh adiknya habil dan ketika si habil sudah terbunuh ia bingung mau di kemanakan lalu datang burung gagak yang membawa temannya lalu menggali dan menguburnya.

Burung ini juga cukup aneh saat kecil burung ini berwarna putih dan ia bisa bertahan sendiri tanpa bantuan seorang indukan hal tersebut merupakan pertolongan Allah SWT. Burung gagak yang kecil akan mengeluarkan bau khas di mana bau tersebut akan mengundang serangga-serangga kecil dan pastinya tidak akan kelaparan si bayi gagak tersebut.

Ketika usianya sudah mulai dewasa dan warnanya berubah menjadi hitam sang induk akan kembali lagi ke sarangnya dengan mengajarkan ilmu terbang kepada anaknya.

33. Burung Macau
burung macau
Burung makau banyak kita jumpai di kebun binatang dan tempat-tempat wisata yang kebanyakan sudah jinak burung ini berasan dari Amerika tengahh, Amerika selatan dan meksiko yang tadinya merupakan kepulauan karibia kebanyakan dari burung ini tinggal di hutan hujann namun ada juga yang menyukai habitat lahan seperti savana dan kebun.

Burung ini memang sangat cocok dijadikan sebagai peliharaan bulunya yang bercorak warna-warni dan tingkahnya terkadang cukup bikin orang ketawa. Selain itu juga tidak membutuhkan perawatan yang ribet cukup dimandikan saja dan ditempatkan pada tempat yang bersih agar bulunya selalu mengkilau

34. Burung Rangkok
rangkok atau engkek
Burung rangkok ukuranya sangat besar begitupun dengan paruhnya burung ini dijuluki sebagai petani hutan yang mana dengan paruhnya yang super besar itu ia mampu mnebar biji-bijian sehingga tumbuhlah benih pohon-pohon baru di hutan yang itu sangat membantu bagi untuk perkembangan ekosistem alam.

Namun di sisi lain sedih mendenngar kabar yang terjadi bahwa sering dilakukan perburuan liar karena memang paruhnya sangat bagus dijadikan sebagai pajangan, oleh sebab itu sekarang ini sangat jarang kita jumpai bahkan hampir tidak pernah kita jumpai meskipun di dalam hutan.

Burung ini mempunyai 13 jenis yang tersebar di Nusantar, 3 jenis yang merupakan endemik Indonesia yaitu 1 di Pulau Sumba dan yang 2 di Pulau Sulawesi. Jika dilihat menurut peta persebarannya yang pertama Sumatera ada 9 jenis, Wallacea 4 jenis, Kalimantan 8 jenis dan di Jawa hanya ada 3 jenis.

35. Burung Alap-alap
borong alap alap
Burung alap-alap ini berbeda dengan burung elang maupun rajawali meskipun sama-sama pemakan daging atau binatang karnivora yang membedakan adalah bentuk,paruh lebih pendek dan melengkung,  sayap yang lebih sempit dan runcing sehingga terbangnya lebih cepat dan terkadang juga melakukan akrobatik di udara bagaikan pesawat tempur TNI.

Di daerah saya burung ini suka memangsan burung-burung merpati yang sedang berterbangan namun terkadang juga membantu petani mengurangi tikus-tikus yang ada di sawah akan tetapi beberapa tahun terakhir saya sudah tidak pernah menjumpai lagi, mungkin takut diburu oleh manusia sehingga ia memutuskan untuk bermigrasi.

36. Burung Hantu Owl
burung hantu
Burung hantu dalam bahasa Inggris disebut Owl jenis burung ini sangat banyak ada yang berukuran kecil ada juga yang jumbo, di Indonesia burung ini disimbolkan sebagai burung kematian sedang di dunia barat burung ini disimbolokan sebagai burung kebijaksanaan.

Burung ini termasuk ke dalam jenis burung buas karnivora pemakan daging burung ini beraktifitas pada malam hari sebagian ada juga yang berburu di siang hari seperti contoh burung hantu yang tinggalnya di salju berwarna putih, sedangkan pada burung hantu khas Indonesia yang warna cokelat dan tubuhnya kecil ia tidak bisa melihat matahari terang.

Maka dari itu tidak pernah kita jumpai burung maupun suarannya kehebatan burung ini adalah kepalanya yang bisa berputar hingga 190°.

37. Burung Murai
burung murai kontes
Burung murai ini mempunyai beberapa jenis salah satunya yaitu murai batu yang ramai di pasaran karena seringnya diadakan kontes kicauan oleh para penggemarnya, di Indonesia terdapat banyak komunitas burung ini, suaranya yang merdu dan khas goyangannya saat bersuara hal itu yang mempunyai kelebihan tersendiri bagi para pecintanya.

Penyebarannya hampir merabah di seluruh Negara-negara yang ada di Asia, di Indonesia sendiri ia terdapat banyak di pulau Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Burung ini terkenal dengan kicauannya dan gaya khasnya teler dengan kepala miring ekor berdiri.

38. Burung Manyar
burung manyar
Burung manyar ini meskipun pintar bersuara namun jarang di pelihara oleh para kicau mania karena dianggap kicauannya kurang enak alias melengking suaranya di Indonesia ada 3 macam manyar aitu manyar emas, jambul dan tempua.

Burung ini merupakan burung yang aneh bisa menyaingi manusia dalam masalah matere, dalam masa kawin si jantan akan membuat sarang dan sarangnya sangat besar bobotnya hingga berkilo-kilo hal itu ditujukan untuk merayu si betina dan si betina gak akan asal pilih dengan hal itu ia akan memilih sarang jantan yang paling bagus.

39. Burung  Pelatuk
burung totor
Burung platuk banyak ditemui di kebun-kebun pohon sengon biasannya ia membuat sarang di dalam pohon dengan menggunakan paruhnya memang paruhnya kecil tapi jangan anggap remeh meskipun kecil ia bisa membuat sarang himgga dalam 1 meter masuk ke dalam pohon.

Coraknya pun sangat indah keunikan burung ini juga bisa memanjat pohon bagaikan monyet, akan tetapi burung ini sangat agresif ketika bersarang di sis lain juga burung ini sangat anti dengan tangan manusia, contoh saya saat itu yang bertujuan mengambil dari anakan pas sarangnya di bongkar ternyata anaknya masih sngat kecil lalu saya memutuskan untuk membiarkannya dan keesokan harinya burung ini sudah mati.

40. Burung Blackthrota
burung blcakthroat
Burung blackthroat mempunyai ciri bentuk tubuhnya kecil seperti burung kenari warna bulunya hitam putih gerakannya sangat gesit meskipun kecil suaranya cukup lantang  dan biasanya burung ini dibuat masteran oleh para kicau mania Indonesia.

Blackthroat berasal dari benua Afrika masuk ke Indonesia melalui Belanda pada umumnya burung-burung yang berasal dari Belanda itu merupakan burung hasil penangkaran, di Belanda burung tersebut telah berhasil dibudidayakan hingga banyak untuk menjaga habitatnya sebagian hasil budidayan dilepaskan kembali ke alam.

41. Burung Sikatan
burung sikatan
Burung sikatan mungkin sebagian besar dari kamu tidak mengetahui burung ini burung ini suka bersuara pada pagi dan sore hari menjelang malam bias betengger di ranting-ranting pohon bambu yang berada di dekat tanah bunyi suaranya wit tutu wit, wit tutu wit, wit tutu wit.

Selain sikatan sebagian orang menyebutnya burung srikatan, bentuknya hampir sama dengan burung murai ekornya yang panjang akan naik ketika berkicau burung ini juga sangat berani kepada manusia dan tidak mudah trauma, dulu sering terdengar suranya namun sekarang sudah jarang.

42. Burung Srigunting
burung srigunting
Berikut merupakan penjelasan dari burung sri gunting, di namakan sri gunting itu tidak tanpa sebab sesuai dengan bentuknya yang mempunyai ciri khas yaitu ekornya yang panjang dan membentuk dua belahan dengan ujung kecil seperti gunting.

Seluruh tubuhnya berwarna hitam pekat termasuk mata dan paruhnya, burung ini juga terkenal sebagai burung yang pintar dalam meniru suara burung-burung lain dengan kepintaran itu ia sering sekali berbuat licik terutama masalah makanan ia sering mencuri makanan pada seekor burung yang sedang terbang dengan cara menakut-nakuti dengan bersuara seperti burung predator.

43. Burung Trulek Jawa
burung trulek jawa
Burung trulek ini merupakan burung yang sangat langka dulu pada tahun 1994 burung ini sudah dinyatakan punah namun pada tahun 2000 burung ini kembali terlihat dan saat ini kembali seperti dulu lagi tak trlihat hingga saya sebagai orang Jawa belum pernah melihatnya.

Biasanya di Jawa memang sering terlihat perburuan liar sambipl menikmati udara sore hari biasanya orang-orang ini pergi sambil membawa senapan ya lahsil sekarang ini tidak pernah terlihat lagi batang hidungnya mungkin takut dengan senapan tersebut.

44. Burung Raja Udang
burung udang
Burung raja udang dinamakan itu karena memang hobinya memakan udang dan ikan-ikan kecil, burung ini tidak cocok untuk di pelihara hal itu ditandai dengan gaya hidupnya yang selalu ingin berdekatan dengan sungai dan tempat-tempat yang ber air.

Dulu saya pernah memelihara burungnya cukup besar warnanya sangat mengkilau sangat bagus dijadikan sebagai pajangan namun stelah sehari burung ini sangat lemes ternyata dia gak mau makan ahirnya saya aputuskan untuk melepaskannya.

45. Burung Bangau
burung bangau
Burung bangau lambang dari kecap hahaha siapa sih yang gak tau burung ini hampir mirip burung kuntul, bangau memiliki ciri-ciri Badan berukuran besar, berkaki panjang, berleher panjang namun lebih pendek dari burung kuntul paruhnya pajang kuat dan tebal di design untuk mencari ikan.

Burung ini biasa hidup bergerombolan bisa sampai puluhan ekor dalam setiap kali berhenti di suatu tempat, pada tahun 19 burung ini sangat banyak terlihat di sawah-sawah bahkan sering ngikut di belakang pak tani jika sedang membajak namun pada tahun 2000 an populasinya menurun drastis.

46. Burung Walet
burung wallet
Burung walet burung walet ini umumnya selalu bergerombolan burung ini juga tidak cocok untuk dipelihara melainkan lebih cocok dijadikan sebagai bisnis, burung ini mempunyai kelebihan yaitu liurnya yng bisa dijadikan obat.

Oleh karena itu banyak masyarakat yang membudidayakannya untuk diambil ilernyapemeliharaannya sangat mudah kitra hannya menyiapkan gedung yang jauh dari keramaian. Saat burung sudah memasuki gedung secara otomatis ia akan menetap disana dan menghasilkan liur.

47. Burung Sepah
burung sepah hutan, kecil, padang
Burung sepah ini sangat sedikit yang mengetahuinya jenis pun bermacam-macam yang saya ketahui ada 6 jenisnya salah satunya sepah hutan seperti gambatr di atas setiap jenis memiliki habitat yang berbeda-beda. Kelebihan dari burung ini adalah.

Tingkat eksotis warnanya apalgi warna yang jenis sepah kecil warnanya lebih tajam yang menggota diri untuk memeliharanya suaranya pun tak kalah menarik dari burung lain bahkan ia bisa bersaing dengan jenis burung-burung seperti kenari dan teman-temannya.

48. Burung Dara
burung dara
Burung dara ini juga bermacam-macam ada dara pos, jambul dan balap dan masih banyak jenis lainnya namun diantara semua itu yang paling terkenal adalah burung dar balap saya sendiri pernah meliharanya pernah sampai 100 ekor.

Burung dara ini merupakan burung yang makannya banyak makannya biar gak rugi harus sering ikut lomba balap merpati, 100 ekor dara biasa menghabiskan berkilo-kilo jagung setiap harinya karena terlalu banyak saya sering memotongnya.

49. Burung Gereja
burung greja
Burung gereja entah siapa yang ngasih nama padahal burung ini juga banyak terlihat di atap-atap masjid bahkan sampai bersarang disana, bueung sangat tengil dan berani dengan manusia hal itu karena mempunyai kelkebihan terbang yang gesit.

Burung ini biasa terlihat di rumah-rumah warga sering nyolong padi yang sedang dijemur, keanehan dari burung ini adalah ia mempunyai kaki tapi gak bisa berjalan melainkan hanya lompat-lompat saja kalo gak percaya coba kamu perhatikan pasti bener kata gua.

50. Burung Blekok
burung blekok
Yang terakhir yaitu burung blekok atau burung brokokok dulu burung ini banyak terlihat di sawah-sawah dan pinggiran pantai habitatnya hampir sama dengan burung bangau dan kuntul namun secara fisik burung ini lebih menawan.

Dengan bulu-bulu halus warna kuning yang menghiasi sayap bagian atas bentuk tubuhnya pun lebih kecil sehingga terlihat imut-imut selain keindahan rasa daging burung ini sangatlah sedap sehingga banyak terjadi perburuan liar sehingga pada saat ini sangat jarang kita temui.


Bagikan ini:

Oleh : Taryono Pelabuhan Canggu

0 komentar:

Post a Comment