Home » » Sumurgede Dadapan Mojolebak

Sumurgede Dadapan Mojolebak

Sumur Gede Dadapan.

Sumurgede Dadapan ini letaknya di Dusun Dadapan Ds. Mojolebak Kecamatan jetis Kabupaten Mojokerto. Sumur ini terkenal tak pernah surut airnya walaupun di musim kemarau yang panjang. Sehingga pada saat itu sebelum ada sumur bor dan PDAM, masyarakat sekitar dusun Dadapan termasuk Wilayah dusun Mojogeneng juga mengandalkan sumber air satu-satuya di Sumurgede Dadapan tersebut. Untuk keperluan mandi, masak bahkan sumber air tersebut juga
difungsikan untuk pengairan sawah disekitarnya saat musim kering.


Tutur Mbah Salim

Menurut Mbah Salim  ( 74 tahun )  mantan kepala Dusun Dadapan diera tahun 70an, dan juga juru kunci Sumurgede Dadapan tersebut membenarkan adanya tempat Sumurgede Dadapan ini. Bahkan suatu ketika pernah dipompa dengan mesin pompa selama berjam-jam airnya tidak pernah habis. Masih Penuturan Mbah Salim bahwa Sumurgede Dadapan adalah peninggalan seorang Janda bernama Bibi. Makanya Sumurgede Dadapam ada yang menyebutnya Sumurgede Bibi. Mbok Rondo Bibi Kata Mbah Salim masih ada hubungannya dengan kerabat kerajaan Kediri yang sengaja mengasingkan diri dan menghilangkan jejaknya di Dusun Dadapan yang saat itu dsn Dadapan masih merupakan hutan yang lebat. Mbok rondo Bibi bersama pengikutnya menetap di tempat itu. Para pengikut atau penderknya. dan membentuk koloni atau keluarga akhirnya beranak pinak. Maka oleh orang atau penduduk di situ menganggap Mbok Rondo Bibi sebagai Cikal bakal atau yang baurekso dusun Dadapan. Oleh sebab itu tradisi didaerah tersebut masih ada yang melakukan barikan, kenduri, Mudun lemah anaknya yang ritualnya di tempat itu sebagai rasa bersykur kepada Tuhan.
Sebenarnya tidak hanya masyarakat disekitar Dadapan yang berkunjung untuk ritual seperti itu. Bahkan ada warga atau pengunjung lain yang berasal dari luar daerah yang datang untuk mengalab berkah atau kesembuan, kesehatan juga perjodohon, mungkin kemakmuran kampung mereka.
Sayangnya tempat itu sisa peninggalan nenek moyang yang merupakan kekayaan budaya kita kondisinya rusak atau tidak terawat lagi. padahal jika sedikit diperhatikan dari segi keindahan dan kebersihan mungkin bisa mendatangkan wisata di sekitar tempat tersebut. Misalnya taman bunga tempat duduk dan jalan sedikit bersih. Karena alam disekitarnya sangatlah mendkung dengan adanya tetumbuhan dan pepohonan yang rimbun, rindang nan sejuk. Cocok untuk santai jika kita mengajak keluarga bersantai. Walaupun scupnya bukan untuk wisata yang reguler atau umum.
Masih kata mbah Salim ini karena generasi muda dusun dadapan tidak lagi peduli dengan budi dan daya nenek moyangnya.

Sumurgede Dadapan terdiri 4 fungsi :
1. Sumber Sumur Utama
Sumur Utama merupakan pusat sumber air yang tidak pernah habis walau musim kemarau panjang. Dan air sumur ini mempunyai khasiat dapat menyembuhkan segala penyakit. Mereka yang yang percaya, walau dari jauh disempatkan untuk menngambil air tesebut sebagai obat katanya.




2. Tempat Pemandian Kungkum )
Tempat ini memang dari dulu oleh masyarakat setempat dijadikan tempat mandi secara turun temurun. Air jernih, sejuk karena memang sumber dari sumber air di sumur utama.







3. Tempat Umum
Tempat umum ini diperuntukan
1. Mencuci
2. Mandi dan minum hewan Peliharaan Warga         Dusun Dadapan dan Sekitarnya
3. Juga sebagai kolam ikan. Untuk pemancingan







4. Pengairan Sawa
Pengairan atau irigasi sawah disetkita Sumurgede Dadapan. Walau dimusim kemarau sawa penduduk setempat masih berkecukupan air untuk sawahnya, walau secara bergiliran








Demikian Postingan tentang Sumurgede Dadapan ini semoga bermanfaat, kususnya generasi muda Dsn. dadapan. ini aset kekayaan budaya kita yang diwariskan oleh nenek moyang kita. Mohon maaf apa bila ada salah postingan ini.

oleh : Taryono Pelabuhan Canggu


0 komentar:

Post a Comment