Thursday, April 19, 2012

GAMBAR dan NAMA BAJU ADAT TRADISIONAL DAERAH SUKU DI 33 PROVINSI


Baju Adat
 http://4.bp.blogspot.com/-MhK-9TkzaRY/UNLUDwaroII/AAAAAAAAAI0/ph2_slXprb0/s400/IMG_7945+copy.jpg

Baju Adat Tradisional Indonesia – Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan budaya. Masing-masing suku yang tersebar di 33 provinsi yang ada di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing terhadap budaya yang mereka anut seperti adanya perbedaan dalam Baju adat,  tari tradisonal dan rumah adat.
Baju adat atau yang biasa disebut pakaian tradisional dari masing-masing provinsi ini memiliki suatu cerita masing-masing dan tersendiri, namun disini saya hanya akan memberikan nama-nama pakaian adat nusantara beserta gambarnya masing-masing. Artikel ini saya susun berdasarkan hasil pencarian yang saya lakukan di google.co.id. Apabila ada kesalahan, mohon kiranya ada dari para pembaca untuk mengkoreksi artikel ini melalui komentar yang ada dibawah ini.
Dibawah ini Anda dapat melihat berbagai nama-nama baju adat Indonesia yang tersebar di 33 provinsi yang ada di seluruh nusantara.

Pakaian Adat Aceh

 Pakaian Adat Aceh pakaian adat aceh

Pakaian tradisional aceh biasa disebut Ulee Balang. Pakaian tersebut biasanya digunakan oleh para raja dan keluarganya.

Pakaian Adat Aceh "Ulee Balang"

PAKAIAN ADAT SUMATERA UTARA

Pakaian tradisional Sumatera Utara biasa disebut dengan Ulos. Pakaian adat Ulos dianggap oleh masyarakat suku Batak Karo sebagai ajimat yang mempunyai daya magis tertentu.
Traditional clothing of North Sumatra, often referred to Ulos. Ulos custom clothing, is considered by society to have supernatural powers Karo Batak tribe, which has a certain magical power.
pakaian adat ulos sumatera utara pakaian tradisional ulos sumatra utara sumut 200x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Sumatra Utara "Ulos"

 PAKAIAN ADAT SUMATERA BARAT

Pakaian tradisional Sumatera Barat di bagi menjadi 2 yaitu Pakaian Penghulu dan Pakaian Adat Bundo Kanduang yang terdapat di daerah Minangkabau Sumatra Barat.
Pakaian Panghulu minangkabau pakaian adat minangkbau pakaian adat sumatera barat 205x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Penghulu
pakaian tradisional bundo kanduang pakaian adat bundo kanduang minangkabau 208x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Sumatra Barat "Bundo Kanduang"


PAKAIAN ADAT RIAU

Pakaian Adat di Riau biasa disebut dengan Pakaian Tradisional Melayu. Ada 3 macam Pakaian Adat Melayu yang ada di Riau, tergantung dari daerah tersebut.
Traditional clothes in Riau commonly called the Malay Traditional Clothes. There are three kinds of clothing at Adat Melayu Riau, depending on the local area
pakaian adat melayu Siak Riau pakaian tradisional melayu Siak Riau Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Melayu "Siak Riau"
pakaian tradisional melayu Indragiri Riau pakaian adat nusantara melayu Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Melayu "Indragiri Riau"
pakaian adat melayu Bengkalis Riau Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat "Bengkalis Riau"

PAKAIAN ADAT JAMBI

Pakaian tradisional Jambi seperti yang ada di daerah Pulau Sumatera yang lain, juga disebut dengan pakaian Adat Melayu. Pakaian adat melayu Jambi biasanya lebih mewah daripada pakaian yang digunakan sehari-hari karena disulam dengan benang emas dan dihiasi dengan berbagai hiasan untuk kelengkapannya.
Jambi traditional clothing, like the other island of Sumatra, also called Traditional Malay dress. Jambi Malay traditional clothes, more luxurious than the clothes that are used daily for embroidered with gold thread and decorated with various ornaments for completeness
Pakaian Adat Jambi pakaian tradisional jambi 267x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Melayu Jambi

PAKAIAN ADAT SUMATERA SELATAN

Pakaian tradisional masyarakat Sumatera Selatan biasa disebut dengan nama Aaesan Gede. Baju adat ini terinspirasi dari zaman kerajaan Sriwijaya yang dulunya berjaya di daerah Sumatera Selatan.
The traditional dress of South Sumatra called Aaesan Gede. These traditional dresses, inspired from the time of Srivijaya kingdom, once victorious in South Sumatra.
Pakaian adat sumatera selatan Aesan Gede pakaian tradisional sumatera selatan Aesan Gede 201x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Sumatera Selatan Aesan Gede

PAKAIAN ADAT BENGKULU

pakaian adat bengkulu pakaian tradisional bengkulu 190x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Bengkulu

 PAKAIAN ADAT LAMPUNG

Pakaian tradisional Lampung biasanya di dominasi oleh warna putih dengan diselingi motif warna merah dan kuning keemasan sehingga terkesan putih bersih namun tetap terlihat elegan.
Traditional clothing Lampung, is dominated by white color motif punctuated by red and golden yellow color giving the impression of pure white, but still look elegant.
pakaian adat lampung pakaian tradisional lampung 192x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Lampung

PAKAIAN ADAT BANGKA BELITUNG

Pakaian pengantin tradisional Bangka Belitung biasa disebut dengan nama “Paksian”. Pengantin perempuan biasanya memakai baju kurung berwarna merah yang berbahan kain sutra. Kepala mempelai wanita biasanya memakai mahkota yang biasa disebut dengan nama Paksian. Sedangkan pengantin pria menggunakan Sorban atau yang biasa disebut masyarakat Bangka Belitung sebagai Sungkon.
Traditional wedding clothes Bangka Belitung commonly called by the name "Paksian". The bride, wearing a red brackets, with silk fabric. The bride's head wearing a crown which is called by the name Paksian. While using a turban or a groom who is called by the Bangka Belitung as Sungkon.
pakaian adat Bangka Belitung pakaian tradisional Bangka Belitung babel 228x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Bangka Belitung

PAKAIAN ADAT DI JAKARTA

Pakaian tradisional Jakarta biasa disebut dengan nama Pakaian Adat Betawi yang dipengaruhi dari berbagai corak masyarakat Jakarta yang sangat beragam diantaranya dipengaruhi oleh budaya Arab, China, Melayu dan Budaya Barat.
Jakarta traditional clothing, often referred to as the Betawi Traditional Clothing, which influenced the people of various shades of Jakarta, which is very diverse, including culture influenced by Arab, Chinese, Malay and Western Culture.
pakaian adat betawi jakarta pakaian tradisional betawi jakarta Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Pengantin Betawi

 PAKAIAN ADAT JAWA BARAT

pakaian adat Jawa Barat pakaian tradisional Jawa Barat busana adat Jawa Barat Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Jawa Barat Jabar

PAKAIAN ADAT JAWA TENGAH

pakaian adat Jawa Tengah pakaian tradisional Jawa Tengah baju adat Jawa Tengah 199x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Jawa Tengah Jateng

PAKAIAN ADAT JAWA TIMUR

pakaian adat Jawa Timur pakaian tradisional Jawa Timur 204x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Jawa Timur Jatim
pakaian adat madura pakaian tradisional madura baju adat madura 292x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Madura

PAKAIAN ADAT DI YOGYAKARTA

pakaian adat Yogyakarta pakaian tradisional Yogyakarta busana adat Yogyakarta 290x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Yogyakarta

JAWA TENGAH


             Pakaian Kebaya Jawa Tengah

PAKAIAN ADAT BANTEN

pakaian adat banten pakaian tradisional banten 225x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Banten

PAKAIAN ADAT BALI

pakaian adat bali pakaian tradisional bali baju adat bali 225x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Bali

 Pakaian Adat Nusa Tenggara Timur NTT

Pakaian Adat Nusa Tenggara Timur NTT Pakaian Tradisional Nusa Tenggara Timur NTT 225x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Nusa Tenggara Timur NTT

Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat NTB

 


Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat NTB

 Pakaian Adat Kalimantan Barat

pakaian adat dayak kalimantan barat pakaian tradisional dayak kalimantan barat kalbar 277x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Kalimantan Barat

 Pakaian Adat Kalimantan Tengah


Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Pakaian Adat Kalimantan Timur

Pakaian Adat Kalimantan Timur Pakaian Tradisional Kalimantan Timur Kaltim 225x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Kalimantan Timur

Pakaian Adat Kalimantan Selatan
Baamar Galung Pancar Matahari

Pakaian Adat Sulawesi Utara


Pakaian Adat Sulawesi Utara

Pakaian Adat Sulawesi Tengah




Pakaian Adat Sulawesi Tengah












Pakaian Adat Sulawesi Selatan

Pakaian Adat Sulawesi Selatan Pakaian Tradisional Sulawesi Selatan 190x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Sulawesi Selatan
Pakaian Adat Toraja Pakaian Tradisional Suku Toraja 224x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Toraja

Pakaian Adat Sulawesi Tenggara

Pakaian Adat Sulawesi Tenggara Pakaian Tradisional Sulawesi Tenggara Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Sulawesi Tenggara

Pakaian Adat Gorontalo



Pakaian Adat Gorontalo

Pakaian Adat Maluku

Pakaian Adat Maluku Pakaian Tradisional Maluku Baju Adat Maluku 143x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia

 Pakaian Adat Maluku Utara



Pakaian Adat Maluku Utara

Pakaian Adat Papua



Pakaian Adat Papua

Pakaian Adat Papua Barat



Pakaian Adat Papua Barat
Gambar gambar diatas adalah gambar baju adat daerah yang ada di Indonesia. Jika Anda ingin menambahkan, silakan lewat kotak komentar yang ada dibawah ini. Saya mohon maaf apabila ada kekurangan, salam dan selamat membaca artikel Pakaian Adat Tradisional Indonesia.
The pictures above, is a picture of the traditional dresses, which exist in Indonesia. If you want to add, please pass the comment box, which is below. I'm sorry if there is a shortage, greetings and congratulations to read articles about Indonesia Traditional Clothing.

sumber : 
Dari berbagai sumber 


38 comments:

  1. hai..mau tanya,,beli baju adat penghulu minangkabau dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. salut gan ternyata masih banyak yang mau perduli dengan baju adat bangsa kita ,salah satunya dengan memberikan tentang berbagai macam baju adat spt ini.
      mampir juga ke tempat kaami spesialis berbagai macam baju seragam termasuk baju adat aceh salah satunya spt baju saman,rapai dll.kunjungi http://konveksisonline.blogspot.com/

      Delete
  2. Baju adat Kalimantan Selatan kok tdk ada ?

    ReplyDelete
  3. kalau mau pesan baju lampung dimana yah??????
    :u:

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tempat kami bisa gan jika anda berminat http://konveksisonline.blogspot.com/

      Delete
  4. kalau madura ada nggak

    ReplyDelete
  5. kok tdk ada namanya?? kok cuma pakaian adat saja??

    ReplyDelete
  6. Halloooooooow!!! jadi apa nama nya pakaian adat masing2 ini??

    ReplyDelete
  7. kami sangat berterimakasih pada situs ini. Hidup Indonesia!!! dari www.bahasainggris.us

    ReplyDelete
  8. kok gambar baju adat yang bali gak ada -,-

    ReplyDelete
  9. gevina sandrayeni fa'atahFebruary 22, 2014 at 1:57 PM

    bagus sekali gambar adat di indonesia?

    ReplyDelete
  10. kok nama pakaian adatnya kurang lengkap ya????

    ReplyDelete
  11. kok ad yg gk ad penjelasannya y ??
    padahal ak perlu kali ni .. -_-

    ReplyDelete
  12. nama pakaian adat papua apa?-_-

    ReplyDelete
  13. kok gak ada yang di pake miss world yah?

    ReplyDelete
  14. Kok kepulauan Riau ga ada ya?

    ReplyDelete
  15. kasih masukan boleh yaaa...
    kalo bisa pergambar ditambahkan info tentang filosifi dari riasannya dan pakaiannya, biar ilmunya tambah bermanfaat.

    ReplyDelete
  16. indonesia kaya akan ragam budaya dan seni nya salah satu nya pakai an adat

    ReplyDelete
  17. terimakasih kakak membolehkan saya mengambil beberapa gambar ^^

    ReplyDelete
  18. salut gan ternyata masih banyak yang mau perduli dengan baju adat bangsa kita ,salah satunya dengan memberikan tentang berbagai macam baju adat spt ini.
    mampir juga ke tempat kaami spesialis berbagai macam baju seragam termasuk baju adat aceh salah satunya spt baju saman,rapai dll.kunjungi http://konveksisonline.blogspot.com/

    ReplyDelete
  19. kalau baju adat kaltara apa?

    ReplyDelete
  20. Seharusnya disetiap gambar pakaian adat itu deberi penjelasan dan nama dari pakaian adat tersebut . Kalo cuma gambar gimana mau tau -_-

    ReplyDelete
  21. Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan capsa Susun Nomor Satu di Indonesia AGENPOKER(COM)
    Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

    ReplyDelete