Home » » Mitos Dunia Luar Biasa di Zaman Kuno

Mitos Dunia Luar Biasa di Zaman Kuno

http://senibudaya12.blogspot.com
Selain mitologi dari kepercayaan Yunani kuno dan Romawi kuno, ada satu mitologi yang mendunia dan terkenal sampai saat ini. Yaitu mitologi Nordik (Mitologi Norwegia). Mitologi Nordik ini adalah mitologi yang berasal dari kepercayaan bangsa Skandinavia sesungguhnya merupakan kumpulan bangsa-bangsa yang mendiami daerah Eropa bagian utara. Mereka terdiri dari bangsa Norwegia, Denmark, Swedia, dan juga sebagian dari daerah Jerman, dan Islandia. Bangsa Skandinavia sering disebut juga Norseman, atau Northman yang berarti orang utara. Orang Skandinavia yang paling dikenal adalah orang-orang Viking, para petualang dan bajak laut dari Norwegia.

Seperti bangsa-bangsa besar lainnya seperti Yunani dan Romawi, bangsa Skandinavia juga memiliki kepercayaan sendiri tentang dewa-dewa yang melindungi mereka dan bagaimana dunia ini diciptakan oleh mereka. Sesuai dengan sejarahnya orang-orang jaman dahulu banyak yang menganut Paganisme, aliran kepercayaan yang memuja dewa-dewa alam. Para dewa ini dianggap sebagai pencipta alam semesta dan manusia.

Tetapi karena campur tangan para sejarawan Kristen di abad pertengahan mengakibatkan banyaknya perubahan dan terhadap kebudayaan, dan cara pemujaan mereka. Perlu diingat, jaman dahulu kepercayan Pagan umumnya melibatkan persembahan berupa makhluk hidup, bahkan manusia. Hal ini tentu saja sangat bertentangan dengan kebudayaan agama modern. Sebagai akibatnya banyak juga mitologi dan legenda mereka yang hilang dan tidak tercatat. Atau beberapa tidak dapat dipastikan lagi keasliannya karena tidak adanya dukungan fakta. Dan juga kristianisasi di Eropa utara mengakibatkan terlupakannya Dewa-Dewi dari pemujaan dan kisah-kisah kepercayaan masa lalu. Meskipun demikian, Odin dan Thor merupakan Dewa-Dewa yang paling terkenal dan bertahan paling lama.
http://senibudaya12.blogspot.comOdin, the rulers of all god
Beberapa orang skandinavia dan ahli sejarah berusaha mempertahankan kepercayaan ini kemudian mereka membuat informasi mengenai mitos Skandinavia yang disimpan didalam literatur-literatur kuno yang disebut Eddas, biasanya dalam bentuk prosa dan puisi, selain itu berkembang juga dalam bentuk dongeng turun temurun. Karena mitologi ini banyak bermunculan di berbagai belahan Eropa Utara, maka lazimnya ada berbagai macam versi. Ini biasanya terjadi karena mitos tersebut disesuaikan dengan daerah yang bersangkutan. Begitu juga dengan nama-nama para dewa dan peranan mereka, serta kejadian-kejadian penting, seperti Odin dikenal juga dengan nama Wotan di Jerman, atau Woden di Inggris.

Dalam mitologi Norse, bumi ini digambarkan sebagai sebuah cakram datar yang bertumpu pada cabang2 pohon dunia yang dinamakan Yggdrassil. Bumi itu sendiri terbagi menjadi beberapa wilayah khusus. Untuk lebih jelasnya, inilah cabang-cabang dan akar-akarnya pohon Yggdrasil (pusat dunia) yang terdapat di 9 dunia yang berbeda, yaitu:
http://senibudaya12.blogspot.comYggdrasil Tree
• Asgard, dunia para Æsir atau golongan Dewa-Dewa tinggi dan yang paling berkuasa. Asgard terletak pada cabang Yggdrasil di sebelah atas yang dialui oleh Mata air Urd. Dunia Asgard dikuasai oleh Odin, para pemimpin dewa di Asgard (kedudukannya sama dengan Zeus dalam kepercayaan Yunani kuno atau Jupiter dalam kepercayaan Romawi kuno)
• Vanaheim ,dunia para Vanir atau golongan Dewa-Dewi kecil. Letaknya berdekatan dengan Asgard di lingkungan para Dewa.
• Alfheim, dunia para elf atau ras Dewa kecil pengatur kesuburan.
• Midgard, dunia manusia sebagai dunia makhluk yang tidak abadi
• Jötunheimr, dunia para Jotun atau para raksasa yang dikuasai oleh Loki
• Svartálfheim, dunia para Svartálfar (bahasa Inggris: Swart elfs/elves) atau Dökkálfar (bahasa Inggris: Dark elfs/elves) yaitu kaum elf dari kegelapan
• Niddhavellir, dunia para Dwarf atau orang kerdil. Mereka tinggal di gua-gua atau di bawah tanah sebagai penambang yang mahir dan ahli membuat peralatan dan senjata dari logam
• Niflheim, dunia bawah tanah (alam kematian) yang dingin, rumah para Jotun (raksasaes) , dikuasai oleh Hel, anak perempuan Loki. Niflheim ini disamakan dengan Tartarus, dunia neraka yang dikuasai oleh Hades di dalam mitologi Yunani kuno.
• Muspell atau Muspellheim, dunia api dan rumah bagi Surt, raksasa yang kulitnya berupa lahar dan rambutnya adalah api
Ada satu peristiwa yang paling terkenal dalam sepanjang sejarah mitologi Nordik ini, yaitu RAGNAROK. Arti sebenarnya dari Ragnarok adalah 'takdir para dewa' (fate of the gods) adalah peperangan besar (peperangan final) yang terjadi antara kaum raksasa dan monster yang dipimpin oleh Loki melawan para dewa dan Einherjar yang dipimpin oleh Odin.1. Lahirnya tiga 'iblis' yang paling jahat dan paling dashyat yang merupakan anak dari Loki dan Angerboda. Ketiga iblis itu adalah Jormungand, Fenrir dan Hel.2. The death of Balder, brother of 
2. Tewasnya Balder saudara Dewa petir Thor yang merupakan putra kedua yang paling disayangi Odin dan Frigg
Menjelang peperangan besar inilah, peran Valkyrie, sang dewi perang (yang berjumlah lebih dari 16 orang dewi) berperan dalam memilih dan mengumpulkan roh para prajurit hebat dari dunia manusia yang telah mati dalam pertempuran dan diangkat ke Valhalla alih-alih ke Nifleheim.
Valhalla itu tempat berkumpulnya roh-roh pahlawan yg dianggap berani dan terhebat semasa hidupnya. Yg menilai seseorang layak masuk Valhalla adalah tugas para Valkyrie. Roh-roh pilihan para Valkyrie itu di sebut Eirhenjar, yang akan ikut bertempur di sisi para dewa melawan para raksasa dan monster dalam Ragnarok nantinya. Sedangkan yang bertanggungjawab dalam memimpin dan mengawasi para Einherjar berlatih adalah dewi Freya. Bahkan Valkyrie pun harus tunduk dibawah perintah dewi Freya. Malamnya Odin akan menjamu para Eirhenjarnya makan malam di Valhalla. Setiap mereka memakan makanan yang dijamu oleh Odin, seketika luka-luka dan stamina para Eirhenjar langsung sembuh dan siap untuk berlatih perang keesokan harinya.

http://senibudaya12.blogspot.comOdin and Loki in war
Para dewa-dewi hidup dengan keabadian karena mereka memakan buah apel dari pohon suci Iðunn yang di jaga oleh dewi Idun (sama dengan makanan nectar dan ambrosia para dewa-dewi Yunani) mereka tidak menua ataupun mati. Tapi hidup mereka itu hanya sementara sampai Ragnarok tiba. Didalam peperangan ini, 8 dari 9 dunia turut hancur kecuali dunia Niflheim yang tak tersentuh saat Ragnarok terjadi. Hanya sedikit dewa yang selamat dari peperangan ini, bahkan Odin dan Loki pun sama-sama tewas dalam peperangan besar itu. Para dewa yang selamat akhirnya meneruskan dan membuat dunia baru untuk para dewa dan manusia seperti yang ada sekarang ini.
http://senibudaya12.blogspot.comThe goddess Idun gave the Idun's aplle for the god and goddess

Mitologi Nordik memiliki pengaruh terhadap beberapa hal yang bisa ditemukan pada zaman sekarang. Nama-nama hari dalam bahasa Inggris diambil dari nama-nama Dewa-Dewi Nordik, seperti:Kecuali sabtu, yang berasal dari nama dewa Romawi yaitu Saturnus (Saturn>>>Saturday), Senin (sunday) dari kata matahari dan minggu (monday) dari kata bulan.

Dan penggunaan "Dunia Tengah" (Midgard world) sebagai nama yang dipopulerkan oleh sarjana Inggris Kuno seperti JRR Tolkien dalam Lord of the Rings dan karya-karya fantasi lain, Tolkien pada awalnya terinspirasi oleh referensi middangeard dan Éarendel dalam puisi Inggris Kuno bernama Crist.


Dan beberapa karya-karya lainnya yang terinspirasi dari mitologi dari bangsa Nordic ini, mulai dari komik dan anime seperti Meitentei loki ragnarok, film-film seperti film Thor, dan game yang terkenal seperti Ragnarok Online dari Korea dan Valkyrie profile dan Valhalla knights keluaran PS company dari jepang



http://senibudaya12.blogspot.comValkyrie Lenneth from Valkyrie profile game in PS Company



17 THE MAIN GODS OF ANCIENT GREEK (part 2)

9.Apollo(bahasa Yunani:Απόλλων, Apóllōn; atau Απελλων, Apellōn)
http://senibudaya12.blogspot.com
Apollo adalah Dewa cahaya, musik, pepanah, pengobatan, dan penyair dalam Mitologi Yunani dan mitologi Romawi. Ia merupakan anak dari Zeus dan Leto dan saudara kembar Artemis. Ramalan Orakel Delphi menunjukkan bahwa Apollo adalah salah satu dewa terpenting di Olimpus.

Ia mempunyai busur yang terbuat dari perak. Ia berkuasa sesudah ayahnya, Zeus. Apollo dengan Artemis diangkat ke Olympus dan menjadikan kedua dewa - dewi penghuni Olympus dengan memberi mereka ambrosia dan nectar. Berarti Apollo juga merupakan dewa terbesar di mitologi Yunani. Dan ketenaran Apollo sebagai dewa cahaya mengalahkan nama Helios (Sol di dalam Romawi) sang dewa matahari, sehingga banyak orang yang salah menganggap Apollo adalah sang dewa matahari itu sendiri karena cahayanya.

Ia mempunyai busur yang terbuat dari perak. Ia berkuasa sesudah ayahnya, Zeus. Apollo dengan Artemis diangkat ke Olympus dan menjadikan kedua dewa - dewi penghuni Olympus dengan memberi mereka ambrosia dan nectar. Berarti Apollo juga merupakan dewa terbesar di mitologi Yunani. Dan ketenaran Apollo sebagai dewa cahaya mengalahkan nama Helios (Sol di dalam Romawi) sang dewa matahari, sehingga banyak orang yang salah menganggap Apollo adalah sang dewa matahari itu sendiri karena cahayanya.

Apollo sangat berbakat dalam musik. Keindahan permainan musik lira-nya tidak pernah terkalahkan oleh siapapun baik oleh Pan, dewa hutan yang terkenal dengan keindahan permainan serulingnya, tetap tidak mampu mengalahkan keindahan permainan lira Apollo. Bakat musiknya ini ia wariskan kepada anaknya, Orpheus, yang dicintai baik oleh dewa, manusia bahkan binatang karena keindahan permainan liranya.

10.Artemis
http://senibudaya12.blogspot.com
The virgin hunter goddess of the moon, Artemis
Artemis merupakan putri dari Zeus dan Leto, serta saudara kembara Apollo. Artemis merupakan dewi hutan dan perbukitan, digambarkan selalu membawa busur dan anak panah. Rusa dan pohon siprus dikeramatkan baginya.

Waktu itu Letto harus melahirkan di pulau yang belum pernah disentuh oleh matahari sebab dikutuk oleh Hera, yang murka kepada Zeus. Zeus kemudian dengan mengangkat sebuah pulau dari dasar laut yang belum disentuh sinar matahari, Ortygia. Leto pun melahirkan di pulau tersebut. Artemis lahir pertama pada bulan keenam. Ia lalu membantu ibunya melahirkan Apollo, yang lahir pada bulan ketujuh. Mungkin oleh sebab inilah Artemis disebut juga sebagai dewi kelahiran.

Artemis juga adalah salah satu dari dewi bulan. Di dalam mitologi Yunani, ada empat dewi bulan. Dewi bulan pertama atau asal mula dewi bulan (sebelum adanya dewa-dewi olimpus bertahta) adalah Phoebe lalu tahtanya di serahkan kepada tiga dewi. Ketika dewi itu adalah Selene (di romawi dikenal dengan Luna) mewakili bulan sabit, Artemis mewakili bulan purnama dan Hecate (Trivia di Romawi) mewakili bulan di malam-malam yang suram. Di antara para dewi-dewi bulan, Hecate lah yang paling menakutkan karena ia dikenal juga sebagai dewi pelindung para penyihir. Artemis selain sebagai dewi bulan, ia juga di kenal sebagai dewi pemburu yang angkuh tapi cantik jelita. Tembakan panahnya tidak pernah meleset dari sasarannya seperti halnya saudara kembarnya Apollo. Sedangkan Selene mempunyai dua orang saudara yaitu Helios sang dewa matahari dan Aurora sang dewi fajar (Dewa Eos dalam Romawi).
http://senibudaya12.blogspot.com
Artemis dipuja sebagai dewi kesucian, sehingga ia bisa bertindak sangat kejam jika ada seseorang yang dianggapnya bersikap tidak pantas kepadanya. diceritakan saat Artemis mandi di dalam gua, tubuhnya yang sekalipun tidak pernah dilihat oleh dewa dan manusia manapun, ditatap oleh seorang pangeran bernama Akteon yang sedang berburu di hutan. Akibatnya sungguh kejam. Akteon diubahnya menjadi seekor kijang dan dibunuh oleh anjing-anjing pemburu miliknya sendiri.
11. Demeter (In Rome also known as Ceres)

http://senibudaya12.blogspot.com
Demeter dalam mitologi Yunani merupakan sebutan untuk dewi kesuburan. Konon, Demeter merupakan putri dari Kronos dan Rhea yang sewaktu bayi sempat ditelan bulat-bulat oleh Kronos karena sifat paranoid ayahnya. Keunikan dari Demeter adalah kecintaannya dalam mengajari manusia bercocok tanam sehingga manusia meninggalkan cara hidup berburu dan menjadikannya bercocok tanam. Di rambut Demeter terdapat jalinan dari bulir-bulir padi yang menunjukkan identitasnya sebagai dewi kesuburan.
Demeter memiliki seorang anak bernama Persefone yang menjadi istri dari Hades. Konon, kisah Persefone ini merupakan asal mula timbulnya empat musim. Saat Persefone pergi bersama Hades di mana tidak terdapat sinar matahari, saat itulah terjadinya musim dingin. Dan ketika Persefone pergi bertemu Demeter sekali setahun, saat itulah tiba musim semi.
Ada beberapa kisah tentang Demeter yang mengajarkan tentang moral yang baik, salah satunya adalah kisah Erisikton yang dikutuk untuk menjadi lapar sampai mati.
Dalam kebudayaan Romawi, Demeter dikenal dengan nama "Ceres". Yang menarik adalah ternyata Indonesia, khususnya Jawa, memiliki sosok dewi yang mirip dengan karakter Demeter yaitu Dewi Sri yang dikenal sebagai dewi kesuburan

12. Dionyssus
http://senibudaya12.blogspot.com
Dionysus atau Dionisius atau dikenal sebagai Bacchus dalam mitologi Yunani dan Romawi adalah dewa anggur (arak) dan selalu diasosiasikan sebagai dewa pesta, ia juga merupakan salah satu dari 12 Dewa Olimpus. Ia juga di kenal dengan nama Bacchus, dan kegilaan yang ditimbulkan saat kedatangannya dinamai bakkheia. Misi dari Dionisius adalah untuk membunyikan alat musik aulos dan mengakhiri rasa khawatir

Pada masa kuno, pemuja Dionisius akan berkumpul di hutan dan menari untuk menghormatinya dan minum arak hingga mabuk. Prajurit Troya ingin terbebas dari kegelisahan dengan ramuan mujarabnya. Tapi Dionysus juga dikenal sebagai dewa teater dan beberapa puisi kuno terbesar dipersembahkan baginya. Dan semua yang terlibat, mulai dari penulis, aktor dan penyanyi, dianggap sebagai pelayannya.
Dalam mitologi yunani, Dionisius merupakan putra dari Zeus dengan Semele, namun ada mitos dari bangsa Kreta yang mengatakan bahwa ia adalah putra Zeus dengan Persephone, ratu dari dunia orang mati.

Kelahiran Dionisus merupakan satu hal yang aneh sehingga ia menimbulkan kesulitan untuk diberikan tempat dalam 12 Dewa Olimpus. Dalam versi Yunani, Ibunya adalah seorang manusia, Semele, putri raja Cadmus dari Thebes, dan ayahnya adalah Zeus, raja dari para dewa-dewa. Hera, istri Zeus, mengetahui perselingkuhan Zeus pada saat Semele hamil dan merasa cemburu. Ia pun mendekati Semele dengan menyamar menjadi seorang wanita tua (dalam mitos lain sebagai seorang suster) dan berusaha menjadi temannya. Semele yang merasa dekat dengan wanita tua itu kemudian memberitahu bahwa anak yang dikandungnya adalah putra Zeus. Hera pura-pura tak percaya dan menanamkan bibit keraguan pada Semele. Karena rasa ragu, Semele kemudian meminta Zeus untuk menampilkan diri dengan seluruh kekuatan sebagai bukti atas kedewaannya. Walaupun Zeus memohon agar ia tak memohon hal ini, Semele tetap memaksa, dan Zeus pun akhirnya setuju.

Zeus menampilkan dirinya terbungkus dengan petir dan kilat, namun manusia yang melihat seorang dewa dengan kekuatan penuh akan mati, begitu pula dengan Semele yang mati saat itu juga. Zeus menyelamatkan Dionisius yang masih berupa janin, dengan menjaitkannya ke dalam paha. Beberapa bulan kemudian, Dionisius lahir di gunung Pramnos di pulai Ikaria. Dalam versi ini Dionisius dikandung oleh dua "ibu" (Semele dan Zeus)sebelum kelahirannya, karena itu ia juga di panggil dimetor (dari dua ibu).

Dalam versi Kreta, Dionisius adalah putra Zeus dan Persephone, ratu dunia bawah tanah yunani. Hera yang cemburu berusaha membunuh Dionisius kecil dengan mengirim para Titan setelah membujuknya dengan mainan. Zeus kemudian berhasil mengusir para Titan itu dengan petirnya, namun yang bisa diselamatkan oleh Athena, Rhea dan Demeter adalah jantung Dionisius, sisanya sudah dimakan oleh para Titan. Zeus menggunakan jantung tersebut untuk melahirkannya kembali dalam rahim Semele, karena itu ia "lahir dua kali". Versi lain mengatakan bahwa Zeus memberikan jantung itu agar dimakan oleh Semele sebagai cara untuk menghamilinya.

Kelahiran kembali Dionisius di dalam kedua cerita diatas merupakan salah satu alasan utama mengapa Ia dipuja oleh beberapa kepercayaan misterius. Karena peristiwa kematian dan kelahiran kembalinya merupakan peristwa yang penuh dengan pemujaan mistik.

Ketika Dionisius terlahir kembali, ia ingin tinggal di olimpus bersama dewa olimpus lainnya. Akan tetapi, olimpus hanya boleh ditinggali 12 dewa. Untuk menghindari konflik dan perpecahan antara dewa, Hestia (Vesta) merelakan kedudukannya untuk di ambil Dionisius dalam Olimpus dan memilih untuk tinggal bersama manusia. Akan tetapi Zeus menyuruh Hestia untuk menjaga api suci di gunung Olimpus

Walaupun hanya 12 dewa yang tinggal di gunung Olimpus, akan tetapi para dewa-dewa lainnya (termasuk 5 dewa utama lainnya) selalu mengadakan pertemuan dan berkumpul di OlimpusTHE OTHER MAIN GOD THAT NOT LIVE IN OLYMPUS
5 dewa utama lainnya yang tidak tinggal di Olimpus

13. Hestia (Also known in rome as Vesta)
http://senibudaya12.blogspot.com
Dalam mitologi Yunani, perawan Hestia, (Roma Hestia) anak Cronus dan Rhea (bahasa Yunani kuno Ἑστία ') adalah dewi dari tungku, lambang dari rumahtangga dan keluarga, yang pertama menerima persembahan di dalam setiap rumah tangga. Setiap tungku perapian keluarga adalah tempat pemujaannya.
Sebagai dewi Olimpia Hestia adalah salah satu dari tiga dewi besar pada generasi pertama Olimpia: Hestia, Demeter dan Hera. Dia digambarkan baik sebagai yang tertua maupun yang termuda dari ketiga putri Rhea dan Kronos, saudari dari ketiga saudara Zeus, Poseidon, dan Hades. Pada awalnya ia tercatat sebagai 12 Dewa Olimpus,namun Hestia menyerahkan posisinya pada pendatang baru Dionisus, untuk menjaga api suci di gunung Olimpus.
Dari semua dewa dewi Olimpia, Hestia adalah yang paling sedikit dieksploitasi. Hestia tidak begitu banyak berperan bahkan dalam prosesi para dewa dewi, terkadang ini digambarkan sebagai sikap pasif, dan kepribadian yang non konfrontasional. Kepribadian ini digambarkan pada sikapnya yang merelakan kedudukannya pada 12 Dewa Olimpus untuk menghindari konflik.
Dia disebut sebagai kelahiran pertama dari Rhea dan Kronos.Segera setelah kelahiran mereka, Kronos menelan Hestia dan saudara-saudaranya keluar dari perut Kronos kecuali si bungsu Zeus yang berhasil selamat, yang pada akhirnya menyelamatkan mereka dan memimpin mereka berperang melawan Kronos dan para Raksasa yang lain. Hestia, si putri sulung "menjadi anak yang terakhir, karena dia yang pertama ditelan ayahnya dan yang terakhir diselamatkan oleh Zeus". Inilah yang menjadikan Hestia anak pertama dari Kronos — dan yang paling muda juga (terakhir diselamatkan/keluar dari perut ayahnya). The three goddesses is luna

Poseidon, dan Apollo dari generasi yang lebih muda ingin memperistri Hestia, tapi sang dewi kebal terhadap mantra cinta Aphrodite dan bersumpah atas kepala Zeus untuk mempertahankan keperawanannya. Pada syair Homeric, seperti literatur awal Yunani, syair mereka cenderung menguatkan supremasi Zeus, dan sumpah Hestia atas kepala Zeus dianggap sebagai contoh kepastian yang sangat tinggi.

14. Hades
http://senibudaya12.blogspot.com
Hades adalah dewa penguasa dunia bawah (underworld) dalam mitologi Yunani. Underworld sering diidentikkan dengan neraka atau tempat bersemayamnya roh-roh orang yang sudah mati. Dalam mitologi itu, underworld adalah Tartarus. Gerbang depan Tartarus dijaga oleh anjing berkepala tiga yang disebut Cerberus. Setiap roh orang yang telah mati akan menuju ke Tartarus, dan dewa yang bertugas mengantar roh orang mati itu adalah Hermes, sang utusan para dewa.

Hades adalah anak kedua dari Chronus dan Rhea, sang penguasa Olimpia sebelum Zeus. Hades dikenal juga dengan nama lain yaitu Pluto dalam mitologi Romawi Kuno atau Aides. Meskipun Hades berkuasa atas tempat orang mati, Hades bukanlah kematian/maut itu sendiri. Dewa yang bertugas untuk mengambil nyawa orang lain adalah Thanatos. Bukan Hades.

Dalam mitologi Yunani, Hades digambarkan sebagai seorang yang berkepribadian gelap, tertutup, kejam, dan hampir selalu diidentikkan dengan kematian, walaupun dia bukanlah dewa kematian. Penggambaran fisik Hades dalam gambar-gambar dewa Yunani adalah seseorang yang besar, bertubuh gelap, berjanggut lebat, memakai mahkota di kepalanya, dan memegang tongkat yang melambangkan kekuasaannya atas dunia bawah. Hades hampir selalu dibenci dan ditakuti oleh manusia. Bahkan boleh dikatakan tidak ada satu tempat pemujaanpun yang diperuntukkan khusus untuk Hades.
http://senibudaya12.blogspot.comThis is my Favorite Hades character in Saint Seiya series^^
Ratu Underworld adalah Persephone, putri dari Zeus dan Demeter, sang dewi kesuburan bumi. Hades tidak menikahi Persephone dengan cara yang baik-baik. Dia menculik Persephone dan menyekapnya dalam Tartarus. Tentu saja ibunya, Demeter sangat marah dan sedih kehilangan anaknya. Bahkan Zeus-pun tidak berkuasa untuk mengembalikan Pesephone kembali kepada Demeter. Saking sedihnya Demeter, dia tidak lagi memberikan kesuburan di bumi, sehingga terjadi musim dingin berkepanjangan, dan tanaman tidak dapat tumbuh lagi di bumi. Banyak orang yang menderita akibat kesedihan Demeter yang kehilangan Persephone. Untuk mencegah bumi lebih menderita lagi, Zeus mengutus Hermes, sang utusan, bertugas sebagai mediator antara Hades dan Demeter agar Persephone dibiarkan bertemu kembali dengan ibunya. Hades membolehkan Persephone bersama ibunya selama setahun. Setelah itu Demeter kembali menyuburkan bumi.

Tapi walaupun begitu, Hades adalah satu-satunya dalam sejarah para dewa yang hanya mencintai satu wanita saja, yaitu Persephone. Hades tidak memiliki kekasih dan istri lainnya selain Persephone seperti poligami atau perselingkuhan yang sering dilakukan oleh para dewa lainnya.
http://senibudaya12.blogspot.comHades with his beloved wife, Persephone
15. Helios

http://senibudaya12.blogspot.com
Helios, personifikasi dari "matahari" (Hêlios or Helius) adalah Dewa Matahari dalam mitologi Yunani. Terkadang dia diidentifikkan dengan Apollo. Persamaan dari Helios di Mitologi romawi adalah Sol, nama latin dari "matahari. Helios adalah putra dari Titan Hyperion dan Theia dan kakak dari Eos "fajar" dan Selene "bulan".
Dahulu Helios dan Selene tinggal di Olimpus bersama kedua belas dewa lainnya. Akan tetapi ketika Apollo dan Artemis terlahir dan kembali berkumpul bersama dewa lainnya, Helios memilih tinggal di istana emas miliknya di matahari bersama adiknya Selene. Sehingga posisi mereka di olimpus diisi oleh Apollo dan Artemis
Helios digambarkan sebagai seorang dewa dengan mahkota cahaya matahari yang bersinar. Setiap pagi ia terbang melintasi langit dengan keretanya yang dijalankan oleh empat ekor kuda, dan kembali ke Kerajaan Emas, istananya yang dibangun oleh Hephaestus, setelah seharian melintasi langit.

16. Selene
http://senibudaya12.blogspot.comThe silver crescent moon goddess, Selene

Selene adalah salah satu dari tiga dewi bulan, yang berkuasa atas bulan sabit. Selene dalam mitologi Romawi adalah Luna. Ia tinggal bersama kakaknya, tetapi setiap kakaknya, helios pulang ke istana emas mereka yang terletak di Timur, saat itulah Selene keluar dengan keretanya. Ia digambarkan sebagai seorang wanita yang mengenakan gaun keperakan sama seperti warna rambutnya, mengenakan mahkota bulan sabit di dahinya dengan membawa obor dan mengendarai keretanya melintasi langit malam.

Tidak seperti Artemis yang perawan dan tidak mau menikah. Selene jatuh cinta kepada manusia bernama Endymion. Tapi kisah cintanya adalah kisah yang tragis.Wajah Selene selalu terlihat pucat karena ia senantiasa berduka mengenang kekasihnya, Endymion. Dalam mitologi diceritakan Endymion adalah seorang pemuda yang sangat tampan, yang membuat Selene meminta Zeus untuk mengabulkan keinginannya agar Endymion bisa hidup abadi sehingga tetap awet muda dan tak akan pernah meninggalkan Selene ke dunianya Hades di tartarus. Tapi manusia tidak akan bisa hidup dalam keabadian seperti layaknya dewa, tapi ia merasa kasihan terhadapa Selene lalu ia membuat Endymion tertidur abadi untuk selamanya. Semenjak itu Endymion hidup abadi dalam tidurnya.
http://senibudaya12.blogspot.comSelene and Endymion in Sailormoon series
Selene bersama Endymion mempunyai 50 anak perempuan, yang disebut sebagai Menae. dalam syair Homeric, Selene juga diceritakan mempunyai anak dengan Zeus bernama Pandia, yang berarti "terang bulan purnama". Selene banyak menjadi inspirasi para penyair pada masa itu.

17. Hebe

http://senibudaya12.blogspot.com
Tidak banyak kisah tentang Hebe, selain dia pernah tinggal di Olimpus lalu dia pergi meninggalakn Olimpus setelah menikah dengan Herkules (Heracles Di dalam Romawi). Didalam mitologi Yunani, Hebe adalah dewi "masa muda" (di Romawi dikenal sebagai Juventas). Dia adalah putri dari Zeus dan Hera. Hebe biasanya bertugas membawa mangkuk berisi nektar dan ambrosia yang dihidangkan untuk para dewa dan dewi, sebelum dia diperistri oleh Hercules atau Heracles. Dia juga biasanya bertugas menyiapkan mandi untuk Ares dan membantu Hera menaiki keretanya

Bersama Hercules, Hebe mempunyai dua anak; Alexiares dan Anicetus. Dalam dunia seni, Hebe sering digambarkan dengan mengenakan baju tanpa lengan.




17 THE MAIN GODS OF ANCIENT GREEK (part 1)

Mungkin kebanyakan orang terutama yang menyukai tentang mitologi Yunani atau fans dari herkules, mengetahui tentang 17 Dewa Yunani yang perkasa. Dewa utama Olimpus berjumlah 12 yaitu Zeus, Hera, Poseidon, Ares, Demeter, Hermes, Hefestus, Aphrodite, Athena, Apollo, Artemis dan Hestia yang kemudian menyerahkan tempatnya di Olimpus ke Dionyssus sehingga menjadikan Dionyssus dewa ke-12 di Olimpia. Walau Hades termasuk dewa utama Yunani tapi karena ia tinggal di dunia bawah / neraka, maka ia menolak disebut sebagai dewa Olimpus. Sedangkan Poseidon, walau ia tinggal di laut, ia tetap menginginkan tempatnya di Olimpus. 5 Dewa utama lainnya yang tidak tinggal di Olimpus adalah Selene (dewi bulan), Helios (dewa matahari), Hebe (dewi pembawa cawan anggur untuk dewa di Olimpus), Persephone, dan Hestia (dewi perapian)

Ada 17 dewa utama Yunani kuno

Zeus adalah nama seorang dewa Yunani kuno. Dewa ini juga dikenal di Romawi kuno yang dikenal sebagai Jupiter dan India kuno dalam bahasa Sansekerta disebut Dyaus-pita.
http://senibudaya12.blogspot.com
Dalam mitologi, Zeus adalah Dewa Pemimpin yang bertahta di Olympus. Ia menikah dengan adik perempuannya, Hera, Dewi Penikahan. Zeus membagi dunia menjadi tiga dan membagi dunia-dunia tersebut dengan kedua saudaranya, Poseidon yang menjadi Dewa Penguasa Lautan, dan Hades yang menjadi Dewa Penguasa Alam Kematian.
Dari tahtanya di Gunung Olympia, Zeus mengatur dewa dan manusia dan menjaga alam semesta agar tetap tertib dan adil. Dengan senjata petir ditangannya, senjata yang paling ditakuti dibumi dan di antara dewa-dewa. Saat Troya genting, dewa-dewa lain memilih pahlawannya diantara prajurit tapi Zeus menolah berpihak. Ia menggunakan timbangan emasnya untuk menyeimbangkan takdir pahlawan-pahlawan Troya.
Dewa segala dewa ini sama sekali bukan teladan kebajikan. Suami yang paling tidak setia,mengejar dewi-dewi, meninggalkan jejak kecurangan, kesedihan dan kekerasan di masa lampau. Dari perayaan internasional Olimpiade, kuil yang menakjubkan dan monumen untuk menghormatinya, legenda Zeus tetap kuat sebagaimana dewa itu sendiri.

http://senibudaya12.blogspot.com
Hera dikenal sebagai istri dan saudara perempuan dari Zeus. Hera adalah dewi pernikahan. Ia digambarkan sebagai dewi yang penuh keagungan dan penuh kebijakan meskipun terkadang menjadi kejam karena cemburu. Ia adalah pelindung bagi kaum isteri dan mengerti perasaan tersakiti karena pengkhianatan oleh suami, karena Zeus sering mengkhianatinya dengan dewi-dewi lainnya bahkan dengan manusia. Oleh karena itu Hera sangat menjunjung tinggi nilai kesetiaan dan melindungi keluarga yang memelihara nilai kesetiaan itu dalam keluarganya.
Tetapi dia tidak segan untuk mencelakai suami yang mengkhianati istri atau istri yang menangis meminta bantuan Hera untuk menghukum suaminya (tapi untuk masalahnya sendiri, Hera tidak bisa melukai Zeus. Mungkin karena Zeus adalah pemimpin atau dia mencintai sangat Zeus, sehingga dia tidak bisa melukai suami tercintanya. Meskipun begitu, Zeus takut dengan kemarahan dan kecemburuan Hera dan melakukan perselingkuhannya di belakang Hera secara diam-diam) Oleh karena itu, Hera membenci putra atau putri Zeus dari istrinya yang lain seperti Herkules, Artemis, Apollo, Athena dan lain-lainnya.
Keturunan Hera dengan Zeus antara lain, Hephaestus (dewa api dan penempa besi), Ares (dewa perang), Hebe (dewi kaum muda), Eris (dewi perselisihan), dan Eileithyia (dewi kelahiran). Karena Hera cemburu dengan dewi yang sangat terkenal, dewi Athena, putri Zeus dengan Metis, dewi pemikiran dan kepandaian, Meskipun Hera sangat membenci semua putra putri Zeus dari istrinya yang lain, akan tetapi Hera sangat mengagumi Athena/ Mungkin di antara semua dewa dewi di Olimpus, Athena lah dewi yang paling sempurna dengan kekuatannya dan kebijaksanaan yang dimilikinya. Maka Herapun ingin menyaingi Metis dengan melahirkan anak untuk Zeus. Sayangnya, Hephaestus terlahir dengan wajah yang buruk rupa walaupun mempunyai hati yang baik. Karena Hera merasa jijik dengan Hephaestus yang buruk rupa, maka ia dibuang dari gunung Olympus.

http://senibudaya12.blogspot.com
Poseidon dikenal sebagai dewa penguasa lautan. Dia adalah kakak dari Zeus yang menolongnya untuk mengalahkan tirani ayahnya, Chrono atau Saturnus dalam kepercayaan Romawi. Poseidon adalah satu dari dewa yang terkuat yang tidak tinggal di olimpus karena ia tinggal di dalam laut dan memerintah disana

Poseidon menikah dengan Amphitrite, cucu dari Titan Oceanus. Sebenarnya ia menginginkan Demeter, namun untuk menggagalkan keinginan Poseidon, Demeter meminta Poseidon membuat hewan tercantik yang tak ada duanya di dunia. Untuk membuat Demeter terkesan, Poseidon membuat kuda pertama, yang mana kurang berhasil dan membuat yang lainnya. Senjatanya adalah trident, yang dapat menggetarkan bumi dan menghancurkan berbagai objek. Kekuatannya adalah yang kedua setelah Zeus. Ia sangat serakah dan bertengkar dengan banyak dewa karena mencoba merebut wilayah dewa dewi lainnya.


http://senibudaya12.blogspot.comAres adalah dewa perang dalam mitologi Yunani. Di Roma, ia juga dikenal sebagai Mars. Mars adalah salah satu planet yang terdekat dengan bumi. Mars mempunyai dua bulan, Phobos dan Minos, yang dinamakan sebagai pelindungnya sekaligus anak Ares.

Dengan nafsu untuk menghancurkan secara bengis dan kejam pada legendanya, merupakan cerminan sifat manusia yang paling buruk. Ia menjelajahi bumi menebar kehancuran dan kekejaman hingga nyanyian ratapan korbannya membahana di langit. Dalam perang Troya,dengan kekuatannya ia membantu prajurit Troya, Hector. Tapi Ares bukanlah pahlawan, ia tidak lebih merupakan pengecut yang lari dari pertempuran saat terluka. Bahkan tangisnya terdengar di Gunung Olympia. Kini,berabad-abad setelah kejatuhan Troya, Ares masih menebarkan bayang-bayangnya diseluruh dunia. Nafsunya akan kehancuran dan kepedihan bergema di sepanjang zaman.

Walaupun Ares adalah dewa perang, tetapi dia punya saingan terbesar, adik perempuannya, putri sulung Zeus, Athena yang dikenal juga sebagai dewi perang, kebijaksanaan, strategi dan ilmu pengetahuan. Meskipun Athena adalah dewi perang, ia membenci perang. Dia hanya bergabung dengan perang jika ketidakadilan dan kemanusiaan berada dalam bahaya. Di samping itu, Ares hanya memiliki kekuatan dalam berperang, tapi Athena di samping memiliki kekuatan yang dapat melebihi kekuataan ayahnya, ayah dari dewa, Zeus, dia juga memiliki kecerdasan ibunya. Jadi dia ahli dalam mengelola strategi perang. Dia juga memiliki senjata terkuat yang dapat menaklukkan setiap senjata yang terhebat, bahkan senjata para dewa, baju besi terkuat yang tidak dapat ditembus oleh senjata apa pun bahkan dengan petir Zeus yang diyakini sebagai senjata yang paling kuat di antara para dewa, juga dia berteman dengan Nike, dewi kemenangan yang selalu membawa kemenangan setiap pertempuran untuknya. Dia adalah yang paling ditakuti, di segani tetapi juga dikagumi antara dewa di Olympus. Bahkan ayahnya mengagumi dirinya di antara anak-anaknya dan menjadi tangan kanan untuk membantu dia dengan tugas-tugasnya. sehingga tak heran Ares takut untuk melawannya


http://senibudaya12.blogspot.comHermes adalah salah satu dewa dalam mitologi Yunani, yang dianggap sebagai dewa keberuntungan, dewa pelindung bagi kaum pedagang, dan juga dewa pengirim berita. Dalam mitologi Romawi, ia disebut juga sebagai Mercurius. Ciri fisiknya adalah tubuh yang mungil yang selalu mengenakan topi bersayap dan juga sandal bersayap. Ia sangat cepat dalam berkata-kata dan juga berlari. Ia merupakan dewa penolong bagi Odiseus ketika terjebak pada sebuah pulau.

Hefestus/ Hephaestus, dikenal dengan nama Vulkan di mitologi Romawi. Ia adalah putra pertama dewa Zeus dengan dewi Hera. Ia adalah dewa api, tukang kayu, penempa besi dan pengrajin senjata. Hefestus disembah di semua pusat industri dan manufaktur di Yunani terutama di Kota Athena. Walaupun bengkelnya terletak di pulau Lemnos, Hefestus dikaitkan dengan Gunung Etna oleh orang Sisilia.

Hefestus dalam mitologi Yunani digambarkan sebagai anak yang buruk rupa dan pincang, sehingga diceritakan bahwa ia dibuang oleh Hera pada saat ia lahir. Dia terlempar selama satu hari satu malam dan jatuh di tengah samudra, dimana ia diselamatkan dan dirawat oleh Tetis dan Eurinome, dua okeanida-atau dewi laut-yang merawatnya di gua bawah laut.
http://senibudaya12.blogspot.com
Hefestus membalas apa yang dilakukan Hera atas dirinya dengan membuatkannya singasana emas gaib dengan rantai yang tidak kasat mata yang, saat Hera duduk di atasnya, langsung menjeratnya. Tidak ada satu dewapun-bahkan Ares-sanggup mematahkan rantai itu. Dewa dewi yang lain bahkan Zeus memohon pada Hefestus untuk kembali ke Olimpus dan melepaskan Hera, tetapi dia tetap saja menolak. Dionysus, dewa anggur dan pesta akhirnya berhasil membuatnya mabuk dan membujuk ia kembali ke Olimpus. Di sana ia berdamai dengan ibunya dan bersedia melepaskannya. Atas kesediaannya, ia dinikahkan oleh Zeus dengan Aphrodite, dewi cinta.










http://senibudaya12.blogspot.comAphrodite adalah Dewi Cinta dan Kecantikan dalam mitologi Yunani. Dalam legenda Romawi disebut sebagai Venus. Ada dua legenda berbeda mengenai kelahiran Aphrodite. Legenda pertama menyebutkan Aphrodite adalah putri dari Zeus dan Dione. Tetapi legenda ini kurang populer. Legenda kedua menyebutkan bahwa Aphrodite lahir dari alat kelamin Caelus sang Titan (yang dikenal Uranus dalam Romawi) yang dikebiri oleh Chhronus/Chronos (Saturnus). Caelus adalah ayah dari Chronos dan kakek dari Zeus..Ada juga legenda menyebutkan aphrodite lahir dari buih lautan yang kemudian membentuk sosok seorang dewi yang cantik jelita

Aphrodite sangat populer dikalangan para dewa. Zeus khawatir akan terjadi peperangan diantara para dewa (karena memperebutkan Aphrodite) sehingga menikahkannya dengan Hephaestus dan memiliki seorang putra, Eros yang menjadi Dewa Asmara. Meskipun ia menikah dengan Hephaestus , akan tetapi Aphrodite tidak mencintai suaminya. Ia mencintai Ares, sang dewa perang dan berselingkuh dengannya. Dari perselingkuhan itu, mereka memiliki beberapa putra dan putri yaitu Anteros - dewa nafsu birahi; Hymen - dewa perjodohan; Harmonia/Hermione - pembawa harmoni; Phobos dan Deimos - ketakutan dan teror; serta Bellona - dewi perang yang menjadi kusir kereta ayahnya. Terkadang Eros juga sering disebut-sebut sebagai putra dari Aphrodite dan Ares.


http://senibudaya12.blogspot.com
Athena adalah seorang Dewi Yunani yang melambangkan ilmu pengetahuan, kebijaksanaan, strategi, dan perang. Ia dihubungkan oleh bangsa Etruria dengan dewi mereka bernama Menrva, dan kemudian dikenali oleh orang Romawi sebagai Minerva, yang ditemani oleh seekor burung hantu kecil, memakai sebuah tameng dada bernama Aegis yang diberikan kepadanya oleh ayahnya dan ditemani oleh dewi kemenangan, Nike.

Menurut legenda, Athena adalah putri kesayangan Zeus, dewi terkuat diantara para dewa. Ibunya adalah dewi Metis, yang merupakan dewi pemikiran dan kepandaian, dan terkenal sebagai dewi kebijaksanaan. Athena diberkahi kekuatan oleh ayahnya, kepandaian dan kebijaksanaan oleh ibunya.

Athena adalah dewi kebijaksanaan dan ilmu pengetahuan, adik dari Ares sang dewa perang. Athena terkenal akan belas kasihannya pada manusia saat para dewa yang sewenang-wenang berkuasa. Dia pernah membunuh Medusa dan meletakkan kepalanya pada sebuah perisai yang dinamakan "Perisai Aegis" sebuah perisai yang menurut mitos perisai yang sangat kuat.

Athena juga dikenal sebagai dewi yang mengajari para pahlawan. Athena adalah seorang dewi perang bersenjata dan tak pernah digambarkan sebagai anak kecil, selalu sebagai seorang dara (perawan) (parthenos). Kuil Parthenon di kota Atena, Yunani adalah kuilnya yang paling terkenal. Ia tidak memiliki suami atau kekasih Karena cintanya tercurahkan untuk melindungi para manusia dan kemanusiaan, meski sekali peristiwa Hephaestus mencoba menggodanya namun gagal.

Herodotus dan Plato secara salah mengidentifikasikan Athena dengan dewa Neith, dewa bangsa Berber. Menurut Plato, Athena diderivasi dari A-θεο-νόα (A-theo-noa) atau H-θεο-νόα (E-theo-noa) yang artinya adalah batin Tuhan (Crat.407b).

Menurut ramalan Gaia, ibu Zeus bahwa apabila Zeus memiliki anak dengan Methys maka anak tersebut akan lebih kuat dan pandai dari Zeus sehingga mampu untuk menggulingkan Zeus dari tahta. Pada saat itu Methys sedang mengandung anak Zeus. Untuk menghindari bencana yang akan menimpa dirinya kemudian Zeus mendatangi Methys. Methys terbuai dengan kata-kata manis sehingga dia menjadi terlena. Saat terlena itulah Zeus memeluk Methys dan menyatukannya Methys menjadi satu dengan dirinya. Dengan demikian tak akan pernah yang lahir dari Methys. Zeus telah terbebas dari bencana yang akan menimpanya.

Akan tetapi, ternyata Methys bisa melahirkan anak didalam diri Zeus. Ketika sampai waktunya bagi Methys untuk melahirkan anaknya, Zeus merasakan sakit kepala yang tak tertahankan. Begitu tak tertahankannya sehingga memerintahkan Hermes untuk membelah kepala Zeus dengan menggunakan kapak perunggu (buatan Hephaestus) untuk mencari penyebab rasa sakit itu didalam kepalanya. Ketika kepalanya terbelah, dari kepalanya tiba-tiba memancar cahaya yang kemudian berubah bentuk menjadi seorang wanita muda berambut keemasan bergelombang dan bermata biru.

Wanita tersebut lengkap mengenakan baju perang lengkap membawa tombak dan perisai di tangannya. Disebutkan pula penyebab sakit kepala Zeus karena Methysternyata membuatkan baju perang dan pelindung kepala untuk anaknya didalam tubuh Zeus, dan proses pembuatan inilah yang menyebabkan Zeus menderita sakit kepala. Zeus menamai putrinya yang baru lahir tersebut Athena. Ternyata ramalan Gaia tersebut meleset. Athena bukannya menggulingkan kekuasaan ayahnya, malahan dengan kekuatan dan kepandaian yang dimiliki Athena, ia menjadi tangan kanan ayahnya dalam membantunya dalam keadaan apapun dan menjadi anak paling disayang dan dipercaya oleh Zeus.

Dalam legenda lain Pallas dianggap ayahnya, maka ia sering diberi gelar Pallas Athena (Παλλάς Αθηνά). Tapi ada juga yang menyebutkan kalau Athena berhasil membunuh Pallas dalam perang Dewa Vs.Titan sehingga diberi gelar Pallas Athena.


http://senibudaya12.blogspot.com
Athena with Nike on the palm hand of her hand



Oleh : Taryono Pelabuhan Canggu


0 komentar:

Post a Comment